Konsentrasi Teknik, Latihan Fisik Dikurangi

nurul roudhoh   |   Banten Sport  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 12:08:26 WIB   |  dibaca: 202 kali
Konsentrasi Teknik, Latihan Fisik Dikurangi

LATIH TEKNIK : Atlet sepaktakraw PPLP Banten berlatih teknik, kemarin. Selama bulan puasa latihan teknik menjadi menu andalan sementara latihan fisik dikurangi.

SERANG - Atlet sepak takraw Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten  lebih difokuskan berlatih teknik, sementara untuk pengolahan fisik dilakukan tidak terlalu keras, agar tidak menggagu ibadah puasa atlet.

Pelatih Sepak Takraw Muchlis Ali mengatakan, atletnya sudah mulai berlatih sejak Kamis (9/5) hari keempat puasa. Ia menjelaskan, meskipun memasuki bulan puasa program latihan harus tetap ditempuh atletnya, agar program latihan yang diberikan dapat terpenuhi. “Sejak puasa hari keempat atlet sudah mulai berlatih, latihan di bulan puasa lebih diperbanyak melatih teknik, sementara untuk pengolahan fisik melakukan hal-hal yang ringan saja,” kata Muchlis kepada Banten Raya, kemarin.

Menyiasasti agar fisik atlet tidak turun, dikatakan Muchlis, sebelum Ramadan, pihaknya sudah melakukan berbagai treatment latihan fisik. Seperti melakukan lompatan vertikal jam, melakukan gerakan split kelentukan kaki, lari lima meter sebanyak delapan kali, melakukan agility court atau berlari dengan gerakan zikzak, lari sejauh 20 meter, melakukan gerakan balke atau lari keliling stadion selama 15 menit, dan melakukan gerakan sit up.

“Gerakan tersebut dilakukan agar, kondisi fisik atlet tetap terjaga, dan melihat tes fisik para atlet tersebut, rata-rata hasilnya bagus, paling seusai Ramadan akan kembali dilakukan latihan fisik kembali. Mengingat, para atlet juga harus menghadapi try out dan kejuaraan,” tuturnya.

Lanjut dia, untuk mematangkan persiapan atlet untuk tampil di Pekan OIahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV 2019 di Papua, Oktober mendatang. Atlet akan menempuh satu kali try out ke luar daerah, dan mengikuti kejuaraan tingkat nasional. “Jatah try out atlet sepaktakraw PPLP Banten masih ada satu kali lagi, dan atlet juga akan diikut sertakan ke kejuaraan tingkat nasional, agar lebih siap ke Popnas Papua,” tutup Muchlis. (basyar)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook