Biaya Kuliah FK Untirta Tunggu Keputusan Rektor

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 12:33:05 WIB   |  dibaca: 470 kali
Biaya Kuliah FK Untirta Tunggu Keputusan Rektor

UNTIRTA: Dua orang anggota Pramuka melintasi Pintu Gerbang Kampus I Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Pakupatan, Selasa (14/5).

SERANG - Rektor Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtyasa (Untirta), Sholeh Hidayat mengaku masih menunggu hasil rapat bersama antara Untirta dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) sebagai pengampu Fakultas Kedokteran Untirta untuk menentukan biaya perkuliahan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta.

Kendati demikian, pakar pendidikan di Banten ini mengatakan, bahwa kisaran biaya untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran diangka Rp15 juta sampai dengan Rp25 juta per semester, sedangkan untuk biaya pengembangan institusi berkisaran Rp125 juta sampai dengan Rp150 juta.

Terkait dengan kuota jumlah mahasiswa, Rektor Untirta menyampaikan bahwa Untirta akan membuat skema penerimaan mahasiswa baru untuk Fakultas Kedokteran dengan kuota sekitar 50 mahasiswa dengan perincian, 10 orang seleksi umum dan sisanya ditawarkan kepada delapan kabupaten/kota se-Banten untuk mengirim lima orang putra putri terbaiknya untuk mengikuti seleksi yang dilakukan oleh FK UI.

"Kalau bisa mengirm putra putri terbaik jangan lima orang, karena kuotanya untuk lima orang. Untirta menawarkan kepada pemerintah daerah untuk mengalokasikan anggaran dari APBD untuk membiayai mahasiswa asal daerahnya masing-masing selama minimal 5 tahun, yang tentunya mahasiswa tersebut harus mengabdi membantu pemerintah daerah untuk memenuhi tenaga medis yang saat ini masih kurang," kata Rektor Untirta kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (14/5).

Maka dengan demikian, lanjut Rektor Untirta, kekurangan tenaga medis di Banten bisa segera diatasi. Puskesmas di daerah akan memiliki tenaga medis yang berasal dari lulusan Fakultas Kedokteran Untirta. Namun, jika delapan kabupaten/kota belum siap mengalokasikan anggaran, kata Sholeh, maka kuota yang ada akan dikembalikan untuk proses seleksi umum."Dalam waktu dekat kami akan melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan di delapan kabupaten/kota, untuk mengirimkan putra putri terbaiknya untuk mengikuti tes masuk Fakultas Kedokteran Untirta," ungkapnya.

Ia menambahkan, untuk seleksi masuk Fakultas Kedokteran Untirta, akan melalui jalur Mandiri yang rencananya akan dilaksanakan Juni sampai dengan Juli, dan tes akan dilakukan sekira Tanggal 18 sampai dengan 21 Juli mendatang."Namun rencana tersebut akan kami bahas kembali dengan FK UI sebagai pengampu dan panitia seleksi calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Untirta," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor Untirta juga berharap rencana tersebut dalam berjalan dengan baik. Terkait informasi yang disampaikan instagram untirtakita, Rektor menilai bahwa informasi tersebut bukan informasi resmi dari institusi Untirta, karena rencana biaya dan jadwal seleksi masih dalam pembahasan antara Untirta dengan FKUI.

“Sambutanya sangat antusias dengan berdirinya Fakultas Kedokteran tersebut, sekali lagi saya meminta agar masyarakat jangan percaya dengan berita-berita tidak benar di luar sana jika bukan bersumber dari Rektor Untirta ataupun dari Web Resmi Untira.ac.id dan instagram untirta_official,” tutupnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook