DPAD Buka Perpustakaan di Ciruas

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 12:41:42 WIB   |  dibaca: 220 kali
DPAD Buka Perpustakaan di Ciruas

ANTUSIAS: Pelajar dari SDN Tegal Cetak antusias membaca buku di perpustakaan baru, di Kecamatan Ciruas, Selasa (14/5).

SERANG - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Serang membuka perpustakaan di Kecamatan Ciruas, tepatnya di Jalan Raya Ciruas-Pontang. Pembukaan perpustakaan di Ciruas yang sudah berlangsung sejak pertengahan April tersebut bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga lebih banyak masyarakat yang memperoleh akses untuk dapat membaca.

Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Layanan Pelestarian Bahan Perpustakaan DPAD Kabupaten Serang Ema Rukmini Dewi mengatakan, pembukaan perpustakaan di Kecamatan Ciruas tersebut mendapat antusias dari masyarakat terutama para pelajar. “Ramai terus terlebih saat bulan puasa ini, banyak anak-anak muda yang nunggu buka puasa sambil membaca,” kata Ema, Selasa (14/5).

Ia menjelaskan, pihak DPAD menyediakan beberapa fasilitas untuk menarik masyarakat datang ke perpustakaan di antaranya wifi, tempat bermain anak-anak, tempat baca anak, dan tempat baca orang dewasa. “Jadi anak-anak di sana terutama yang anak TK dan PAUD selain bisa membaca buku cerita juga bisa bermain di halaman perpustakaan. Untuk buku yang tersedia saat ini baru 2.000 eksemplar,” ujarnya.

Ema mengungkapkan, perpusataakan tersebut buka mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB, namun terkadang sampai malam hari jika masih ada masyarakat yang membaca. “Luas bangunannya kurang lebih 300 meter. Gedungnya kita sewa per tahun Rp60 juta. Makanya kita berharap masyarakat bisa memanfaatkan keberadaan perpustakaan di sana dengan sebaik-baiknya,” harapnya.

Terkait dengan pembukaan perpustakaan itu, pihak DPAD telah melaporkan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) agar bisa membantu menambah koleksi buku yang ada. “Malahan pihak Perpusnas minta Pemkab Serang untuk menyediakan lahannya. Nanti pihak Perpusnas akan membantu untuk pembangunan fisiknya. Tadi (kemarin) juga ada kunjungan ke perpustakaan dari SDN Tegal Cetak, Ciruas,” paparnya.

Disoal apakah akan ada pembukaan perpustakaan di kecamatan yang lain, Ema menuturkan, pihaknya belum dapat memastikan karena belum ada rencana. “Belum ada sepertinya. Insya Allah nanti kalau yang di Ciruas akan diresmikan sama Ibu Bupati (Rt Tatu Chasanah-red) pada hari kunjungan perpustakaan. Kemudian tahun ini kita ada penambahan buku dari APBD sebanyak 940 eksemplar yang terdiri dari 188 judul,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook