19 Bidan PTT Kemenkes Terima SK CPNS

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 15 Mei 2019 - 13:00:44 WIB   |  dibaca: 195 kali
19 Bidan PTT Kemenkes Terima SK CPNS

RESMI JADI CPNS: Bupati Serang Rt Tatu Chasanah secara simbolis menyerahkan SK CPNS kepada salah satu bidan PTT Kemenkes, Selasa (14/5)

SERANG – Sebanyak 19 bidan pegawai tidak tetap (PTT) Kemenkes menerima surat keputusan (SK) calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diserahkan langsung oleh Bupati Serang Rt Tatu Chasanah. Dengan diberikannya SK CPNS kepada mereka, para bidan desa tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan lebih optimal lagi di desa-desa terpencil.

Tatu mengatakan, pada 2017 lalu sebanyak 204 bidan desa di Kabupaten Serang telah diangkat menjadi CPNS di lingkungan Pemkab Serang. “Alhamdulillah pada tahun 2019 ini juga sebanyak 19 bidan PTT Kemenkes diangkat dan ditetapkan menjadi CPNS yang di lingkungan Pemkab Serang,” kata Tatu di halaman pendopo Bupati Serang, Selasa (14/5).

Ia menjelaskan, pengangkatan bidan PTT menjadi CPNS tersebut merupakan persetujuan dari Kemenkes karena pengabdian mereka sudah sangat lama. “Mereka yang diangkat menjadi CPNS ini berusia kurang dari 40 tahun. Dengan diangkatnya mereka menjadi CPNS, pengabdian mereka harus lebih serius karena sudah menjadi pegawai tetap dan perlakuannya sama dengan PNS yang lain,” ujarnya.

Tatu memastikan dengan diangkatnya 19 bidan PTT Kemenkes tersebut, tidak ada lagi bidan PTT di Kabupaten Serang. “Mereka ini kan ditempatkan di desa-desa, dari 236 desa kita masih ada tenaga harian. Masih ada beberapa desa yang belum ada bidannya karena ada bidan yang minta pindah ke luar Jawa karena ikut suaminya,” tuturnya.

Ia menuturkan, sesuai perjanjian antara Pemkab Serang dengan Kemenkes yang dituangkan dalam memorandum of understanding (MoU) mereka ditugaskan di desa-desa terpencil di Kabupaten Serang. “Sebelum lima tahun mereka tidak boleh dipindahkan. Pengangkatan CPNS ini juga sebagai upaya pemenuhan tenaga kesehatan di desa terpencil guna menyelesaikan disparitas tenaga kesehatan,” paparnya.

Tatu berharap, keberadaan bidan PTT Kemenkes yang telah diangkat menjadi CPNS itu bisa menekan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang masih tinggi di Kabupaten Serang. “Kita harapkan mereka bisa melakukan sosialisasi ke masyarakat dan bisa menekan AKI/AKB. Kematian ibu ini kan karena ibu hamilnya belum bisa memahami apa yang harus dilakukan,” katanya.

Plt Kepala Badan Kepagawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Asep Saepudin mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada CPNS yang baru menerima SK tersebut. “Harapan kita kalau sebelum menjadi PNS kerjanya semangat, setelah menjadi PNS harus lebih semangat. Indikator kinerja mereka jelas, kalau mereka bisa menurunkan AKI/AKB sudah kerja luar biasa,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook