Situ Dangkal, Petani Sulit Dapat Air

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 16 Mei 2019 - 11:53:06 WIB   |  dibaca: 66 kali
Situ Dangkal, Petani Sulit Dapat Air

DANGKAL: Situ Cijoro Bendungan Rangkasbitung mengalami pendangkalan sehingga banyak ditumbuhi ilalang, Rabu (15/5).

RANGKASBITUNG- Pendangkalan yang terjadi di Situ Palayangan, Kecamatan Cimarga, serta Situ Cijoro Bendungan di Kecamatan Rangkasbitung belum ditangani pemerintah. Akibatnya, para petani di dua kecamatan merasa kecewa karena area sawah mereka tidak bisa lagi mengandalkan pengairan dari dua situ tersebut.

Sahroni, petani di Kecamatan Cimarga kepada Banten Raya mengungkapkan bahwa kondisi Situ Palayangan yang sejak beberapa tahun belakangan ini mengalami pendangkalan telah beberapa kali dilaporkan ke Pemkab Lebak maupun ke pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciujung Ciliman Cidurian (BBWSC3) Banten.

Namun hingga saat ini belum ada penanganannya, sehingga berdampak terhadap sulitnya pengairan untuk ratusan hektare sawah di Cimarga. "Kami sangat kecewa hingga hari ini pendangkalan yang dialami Situ Palayangan seolah dibiarkan pemerintah," ujar Sahroni, kemarin.

Terpisah, petani di Desa Cijoro Bendungan, Rangkasbitung Ujang Suherman menegaskan, sejak puluhan tahun lamanya, seluruh areal persawahan di desanya selalu mendapatkan air dari Situ Cijoro Bendungan yang dialirkan melalui saluran irigasi.

Namun setelah mengalami pendangkalan selama kurang lebih empat tahun, maka sawah di desanya menjadi sawah tadah hujan yang mampu panen sebanyak satu kali dalam setahun. "Waktu kebutuhan air terpenuhi, maka sawah kami bisa panen dua kali dalam setahun," kata Ujang Suherman.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lebak Dade Yanapriandi menegaskan, bila persoalan pendangkalan pada dua situ tersebut bukan merupakan tanggungjawabnya, tetapi tanggungjawab pihak BBWSC3 Banten.

"Kami pun sudah beberapa kali menginformasikan pendangkalan pada dua situ tersebut, namun hingga kini kami tidak tahu kenapa pihak BBWSC3 belum juga melakukan penanganannya," kata Dade. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook