Daar El Ma’arif Isi Ramadan Dengan Kajian

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Kamis, 16 Mei 2019 - 12:33:13 WIB   |  dibaca: 258 kali
Daar El Ma’arif Isi Ramadan Dengan Kajian

KAJIAN: Peserta didik Yayasan Pondok Pesantren Daar El Ma’arif yang mengikuti Pesantren Ramadan foto bersama dengan pengurus LAZ Harfa usai mengikuti acara, kemarin.

PANDEGLANG - Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan, Yayasan Pondok Pesantren Daar El Ma’arif yang terletak di Cadasari Pandeglang mengadakan Pesantren Ramadan selama tiga hari, di aula Madrasah Tsanawiyah Daar el Ma’arif. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari pukul 08.00 pagi sampai buka puasa bersama.

Kegiatan Pesantren Ramadan ini dibuka oleh ketua Yayasan Pondok Pesantren Daar El Ma’arif, H. E.Saeful Milah yang sekaligus memberikan taushiyah Ramadan. Dalam taushiyahnya Ketua Yayasan menguraikan keutamaan bulan suci Ramadan. Antara lain Ramadan sebagai bulan tarbiyah untuk mencapai derajat taqwa, dengan mengutip firman Allah dalam Al-Baqarah ayat 183.

Selain itu, Saeful juga menguraikan keistimewaan Ramadan sebagai bulan diturunkannya Alquran, bulan ampunan dosa, bulan dilipatgandakannya amal sholeh, bulan sabar, bulan ditambahkannya rizki orang mukmin.“Bulan Ramadan awalnya rahmat, tengahnya ampunan dan akhirnya pembebasan dari neraka,” kata Saeful kepada peserta, kemarin.

Senada disampaikan Kepala MTs Daar El M’arif, Resa Amalia, tujuan diadakannya Pesantren Ramadan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang bermanfaat dalam mendekatkan dan menemukan kembali fitrah manusia."Kegiatan ini juga merupakan sarana mengajak mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan semangat keislaman dan memperdalam syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari serta berlomba dalam kebaikan," ujarnya.

Ia menguraikan,  kegiatan diawali dengan shalat dhuha yang disambung dengan tadarus Alquran, dilanjutkan dengan ceramah dan diskusi seputar keislaman dengan materi yang sudah disusun secara sistematis dan dipandu oleh dewan guru sebagai pemateri.

Resa menjelaskan, kegiatan Pesantren Ramadan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Yayasan Pondok Pesantren Daar El Ma’arif. Tahun ini peserta kegiatan sebanyak 61 orang yang seluruhnya siswa dan siswi MTs Daar el Ma’arif."Tahun ini kegiatan dilaksanakan dengan jalinan kerjasama Lembaga Amil Zakat (LAZ) Harfa dan Hotel dan Resto S’Rizki Pandeglang," ungkapnya.

Salah seorang peserta kegiatan, Tina Septina Dewi sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurut siswi kelas 9 MTs Daar El Ma’arif tersebut, kegiatan Pesantren Ramadan ini sangat positif dan memberikan pengalaman dan ilmu yang sangat bermanfaat.“Kegiatannya sangat asyik dan tidak membuat jenuh karena selalu diselingi hal-hal yang menarik sehingga kami tetap semangat untuk mengikutinya,” ungkap Tina. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook