Lokasinya Paling Luas, Sarungnya Wangi

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 17 Mei 2019 - 12:46:08 WIB   |  dibaca: 157 kali
Lokasinya Paling Luas, Sarungnya Wangi

LEBIH BAIK : Suasana Musala Nurul Huda di Mal Serang, Selasa (14/5).

KOTA SERANG - Banyak pusat perbelanjaan di Kota Serang yang menyediakan musala sebagai sarana ibadah. Namun dari banyak pusat perbelanjaan, Mal Serang (biasa dikenal Mal Ramayana Serang) mengklaim memiliki musala lebih luas dan lengkap dibanding pusat perbelanjaan lain.

Manager Operasional Mal Serang Suhono mengatakan, setiap hari musala Nurul Huda yang berada di lantai empat selalu ramai dikunjungi orang yang akan salat. Pengguna musala ini adalah karyawan, personel keamanan, dan pedagang yang berjualan di Mal Serang.

Meski tidak ada susunan dewan kesejahteraan masjid yang secara resmi dibentuk, namun setiap datang waktu salat akan selalu ada orang-orang yang mengumandangkan azan, iqomat, dan menjadi imam. Semua itu terbentuk secara alamiah karena intensitas mereka yang menggunakan musala tersebut untuk ibadah."Kalau pembentukan DKM secara resmi yang ada strukturnya gitu enggak ada. Jadi ada semacam kelompoknya gitu yang sering pake musola ini," ujar Suhono, Selasa (14/5).

Begitu pula saat Ramadan seperti sekarang musola akan selalu ramai saat salat lima waktu. Bahkan setiap malam digelar salat sunah tarawih yang diikuti karyawan, personel keamanan, dan pedagang. Biasanya yang menjadi imam tarawih adalah pedagang yang ditokohkan di mal tersebut.

Suhono sendiri mengaku jarang salat tarawih di musala tempat ia bekerja itu karena ia juga kerap mendapat tugas menjadi imam di masjid di rumahnya saat salat tarawih."Kalau sudah waktu salat selalu rame," katanya.

Suhono mengungkapkan bahwa fasilitas yang disediakan di musala cukup lengkap meliputi sarung, mukena, dan al Quran. Bahkan ada juga peci, sarana yang tidak semua musola miliki. Saat Banten Raya mencoba salah satu sarung yang disediakan, sarung tidak mengeluarkan aroma tidak sedap. Sebaliknya, sarung yang ada cukup wangi sehingga nyaman digunakan saat salat. Lantai musala berupa keramik berwarna yang dilapisi karpet tebal yang bersih.

Antara tempat salat pria dan wanita dibatasi dengan penutup dari anyaman rotan. Air untuk buang air dan wudu yang disediakan sangat melimpah. Musola juga dilengkapi kaligrafi indah sehingga membuat musala lebih nyaman dan menyenangkan."Kami juga lengkapi fasilitas untuk tempat sendal dan sepatu supaya enggak hilang," kata Suhono.

Rohman, salah seorang pengunjung Mal Serang yang kebetulan menggunakan musala Nurul Huda, mengaku salat di musala di Mal Serang memang lumayan nyaman karena air melimpah dan tempatnya bersih. Hanya saja karena lokasinya di samping tempat parkir, maka ketika ada deru mesin motor atau mobil sedikit memgganggu. Lokasi musala yang berada di pojok dengan hanya satu kipas angin membuat ruang salat itu kurang sejuk."Tapi dibanding musola di mal lain," katanya.

Ia juga memuji karpet musala dan sarung yang disediakan pengelola Mal Serang yang menurutnya cukup wangi bila dibandingkan beberapa pusat belanja yang pernah ia temui di mana karpetnya bau kecut karena terlalu lama terkena air. (MUHAMAD TOHIR)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook