301 Bidang Tanah JLU Dibayar Tahun Ini

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:03:01 WIB   |  dibaca: 277 kali
301 Bidang Tanah JLU Dibayar Tahun Ini

Ridwan (Plt Kepala DPUTR Cilegon)

CILEGON - Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Cilegon tahun ini akan kembali menyelesaikan pembayaran 301 bidang tanah. Pembayaran bidang tanah tersebut merupakan lanjutan dari pembebasan lahan Jalan Lingkar Utara (JLU) yang belum tuntas pada 2018 lalu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPUTR Cilegon, Ridwan, Jumat (17/5), mengatakan, pembangunan JLU yang saat ini disorot berbagai pihak seperti Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, pada tahun ini akan berlanjut untuk pembebasan lahan yang belum tuntas pada 2018 lalu. Dari 828 bidang tanah yang direncanakan untuk dibeli, saat ini baru 507 bidang tanah yang sudah dibayar. “Masih ada 301 bidang tanah yang belum dibebaskan dan akan dibebaskan tahun ini,” kata Ridwan ditemui di Kantor DPUTR Cilegon, beberapa waktu lalu.

Dikatakan Ridwan, pembayaran bidang tanah direncanakan akan selesai pada Juli 2019. Saat ini, progresnya masih berada di Badan Pertanahan Nasional (BPN). Bidang tanah yang belum terselesaikan oleh DPUTR berada di Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta. “Dari delapan kelurahan cuma satu kelurahan yang belum terselesaikan,” katanya.

Ridwan menjelaskan, setelah pembebasan lahan bisa terselesaikan tahun ini, pihaknya akan melanjutkan pembangunan ke tahap pematangan lahan. Pematangan lahan dilakukan untuk ruas sepanjang 1,5 kilometer. “Pembangunan dimulai dari arah Gerem, atau dari Barat ke Timur,” jelasnya.

Ia menambahkan, jika tahun ini hanya pembebasan lahan lanjutan dan pematangan sebagian, sedangkan pada 2020 nanti direncanakan sudah ada pembangunan fisik jalan berupa betonisasi.

Ia berharap, jika program yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 tersebut akan tuntas pada 2021. “Mudah-mudahan selesai di 2021 atau di masa akhir RPJMD,” akunya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga pada DPUTR Kota Cilegon, Hilmi Firdaus, menambahkan, untuk pembebasan lahan lanjutan tahun ini anggaran yang disiapkan sekitar Rp 80 miliar. Sementara, anggaran yang telah digelontorkan Pemerintah Kota (Pekot) Cilegon untuk membeli sekitar 500 bidang tanah sekitar Rp 90 miliar. “Tahun lalu sudah dibayarkan sekitar Rp 90 miliar dan sisanya sekitar Rp 80 miliar untuk pembebasan tahun ini,” ungkapnya.

Pematangan lahan, kata Hilmi, dana yang disiapkan sekitar Rp 27 miliar yang bersumber dari Bantuan Keuangan (BAnkeu) Provinsi Banten. “Kalau untuk pematangan lahannya kita gunakan Bankeu sekitar Rp 27 miliar,” tutupnya. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook