Pondasi Jembatan Putih Longsor

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:14:23 WIB   |  dibaca: 170 kali
Pondasi Jembatan Putih Longsor

JEBOL: Warga mengambil bambu dan kayu bangunan warung yang ambruk karena pondasi Jembatan Putih di Desa Aweh jebol, Jumat (17/5).

RANGKASBITUNG- Pondasi Jembatan Putih yang melintasi sungai Cikatapis tepatnya di Kampung Rancagawe, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar ambrol karena longsor, Jumat (17/5). Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja warung milik warga setempat yang terbuat dari bambu dan kayu turut roboh terbawa arus sungai."Longsor terjadi karena pondasi jembatan ambrol akibat tergerus arus sungai. Ditambah sering dilintasi kendaraan tonase berlebih," kata Endang, warga Kampung Rancagawe.

Menurutnya, bangunan jembatan sudah lama. Kekuatan kontruksinya dapat menahan beban berat maksimal 8 ton. Namun kendaraan yang melintas saat ini mencapai puluhan ton.
"Salah satunya kendaraan truk bermuatan pasir basah yang setiap hari melintasi jembatan ini. Beban muatannya bisa lebih dari 20 ton, sehingga membuat pondasi jembatan tak kuat menahan beban berat," katanya.

Lebih lanjut Endang mengatakan, jembatan Putih Rancagawe sementara ini masih dapat dilalui kendaraan karena kerusakan yang terjadi tidak sampai memutus akses jalan. Para pengendara roda dua maupun roda empat masih dapat melintasinya dengan aman.

"Tapi tetap harus hati-hati dan waspada karena secara keseluruhan sebetulnya pondasi jembatan sudah amblas. Kalau tidak segera ditangani, bisa saja kerusakan akan semakin parah, karena saat ini masih terjadi pergerakan tanah yang mengikis jembatan," katanya.

Kepala Bidang Jasa Kontruksi pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak Irvan Suyatupika mengaku sudah mendapatkan informasi terkait pondasi jembatan longsor. "Kita sudah dapat informasinya dan tentunya akan segera ditindaklanjuti. Karena jembatan tersebut termasuk akses utama yang perlu segera dilakukan penanganan," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook