Gubernur dan Dewan Dapat THR

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 18 Mei 2019 - 11:37:24 WIB   |  dibaca: 217 kali
Gubernur dan Dewan Dapat THR

SERANG- Pemprov Banten memastikan jika gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR) bagi ASN dan honorer di lingkup kerjanya sudah bisa dicairkan paling lambat pada 24 Mei mendatang. Selain pegawai, tunjangan itu juga akan diterima oleh Gubernur Wahidin Halim (WH), Wakil Gubernur Andika Hazrumy, serta seluruh anggota DPRD Banten.

Kepastian itu tertuang dalam surat edaran (SE) 900/1714-BPKAD/2019 perihal gaji dan tunjangan kinerja bulan ke 13 dan 14 tahun anggaran 2019 tertanggal 17 Mei. Dalam surat itu diterangkan dalam rangka meningkatan kesejahteraan pegawai di lingkup Pemprov Banten agar pihak-pihak terkait mengajukan pencairan gaji ke 13 dan 14 dengan sejumlah komponen yang dibayarkan.

Komponen tersebut terdiri atas gubernur dan wakil gubernur dengan gaji, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.Komponan yang sama juga berlaku untuk anggota dan pimpian DPRD. Sedangkan untuk ASN adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan dan tambahan penghasilan PNS (TPPNS). Kalau untuk pegawai non ASN hanya THR berupa honorarium.

Pengajuan pencairan gaji ke 14 selambat-lambatnya harus sudah disampaikan pada 22 Mei. Untuk pengajuan gaji ke 13 disampaikan pada pertengahan Juni.Penjabat (Pj) Sekda Banten Ino S Rawita membenarkan jika THR atau gaji ke 14 akan dicairkan pada pekan depan. Dia mengaku dari ketersediaan anggaran pun tidak menemui kendala dan direncanakan sudah bisa diterima pada 24 Mei.

“Uang sudah tersedia, sudah ada, sudah tidak ada masalah. Mudah-mudahan nanti para pegawai akan menerima THR dengan tepat waktu sesuai dengan harapan (pemerintah) pusat pada 24 Mei,” ujarnya usai memimpin rapat koodinasi dengan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemprov Banten di ruang rapat Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Jumat (17/5).

Mantan Penjabat sementara (Pj) Bupati Lebak itu juga tak membantah jika alokasi THR itu juga diberikan kepada gubernur dan wakil gubernur, para pegawai honorer dan seluruh anggota DPRD Banten.“Tergantung pada aturan, kan ada gajinya ada ininya (tunjangan), tetap dapat. THR itu sebenarnya gaji ke 14 yang dibayarkan. Anggota DPRD juga sama, di (surat) edaran dari pusat juga ada,” katanya.

Agar dana tersebut bisa dicairkan tepat waktu, Ino meminta kepada seluruh OPD untuk menyelesaikan seluruh persyaratan administrasinya. Akan tetapi ketika ditanya total anggaran yang disiapkan untuk pembiayaan gaji ke 13 dan 14, Ino tidak mau mengungkapkan, dengan alasan tak hafal nilainya. “Makannya secara administrasi didorong, jangan nanti mengganjal. Jangan yang ini cair yang itu enggak kan kasihan,” ungkapnya.

Pelaksana tugas (Plt) BPKAD Provinsi Banten Dwi Sahara mengatakan, untuk proses pencairan gaji ke 13 dan 14 pihaknya sudah menyosiasasikannya ke seluruh OPD melalui rapat koordinasi kemarin. Dalam kesempatan itu, pihaknya meminta masing-masing OPD memerkirakan jumlah kebutuhan anggaran yang diperlukan.“Sedang direkap dan kemungkinan awal pekan depan sudah kelihatan terkait jumlah kebutuhan anggarannya,” tuturnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook