Tiga Pegawai Honorer Disdukcapil Pandeglang Ketangkap Lagi Nyabu

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 20 Mei 2019 - 13:21:17 WIB   |  dibaca: 363 kali
Tiga Pegawai Honorer Disdukcapil Pandeglang Ketangkap Lagi Nyabu

DIAMANKAN : Tiga pegawai honorer Disdukcapil pengguna narkoba jenis sabu diamankan Satresnarkoba Polres Pandeglang, kemarin.

PANDEGLANG - Tiga oknum pegawai honorer Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang berinisial IM, EP dan AR diciduk Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Pandeglang, Kamis (16/5) lalu.

Ketiganya ditangkap polisi lantaran mengonsumsi narkoba jenis sabu. Dari tangan ketiganya, polisi mengamankan barang bukti sabu seberat 0,40 gram siap pakai.

Kaur Bin Ops Satresnarkoba Polres Pandeglang Iptu AR Taufik mengatakan, penangkapan tiga orang pelaku berdasarkan hasil penyelidikan tim selama beberapa waktu terakhir.

"Awalnya kami mengamankan IM. Dari hasil interogasi, ada tiga nama lain yakni AR, EP dan YS. Kemudian YS hanya dijadikan sebagai saksi karena hanya meminjamkan kendaraan kepada pelaku untuk membeli sabu," kata Taufik, ditemui di kantornya, Sabtu (18/5).

Dijelaskannya, ketiga pelaku ditangkap pada tanggal dan lokasi yang berbeda-beda di wilayah hukum Polres Pandeglang. Dari tangan pelaku, telah diamankan sabu seberat 0,40 gram, 1 buah rangkaian alat hisap sabu atau bong, berupa tutup botol, sedotan dan pipa kaca bekas pakai sabu, 1 buah handphone dan 1 unit sepeda motor Honda Beat nomor polisi A 6648 OG.

"Selain mengamankan barang bukti, kita juga mengamankan blangko e-KTP, tapi sudah kita serahkan ke disdukcapil," ujarnya.

Dari hasil pengakuan ketiganya, kata Taufik, mereka mengonsumsi sabu lebih dari satu tahun terakhir. Ketiga pelaku sering memakai sabu secara bersama-sama.

Sementara dari hasil penyelidikan, pihaknya menemukan pelaku sering kali mengambil kiriman sabu di Jalan Raya Cibiuk, Kecamatan Majasari.

"Barang itu sengaja dilempar oleh pelaku dan memang sekarang modusnya seperti itu," terangnya.

Dari penangkapan itu, Polres Pandeglang masih melakukan pengembangan terhadap asal barang haram itu. Bahkan, pihaknya sudah mengantongi satu nama yang diduga menjadi penyuplai sabu kepada para pelaku.

"Sedang kita lidik. Untuk sementara sudah ada inisialnya. Jangan-jangan barang ini didapat dari eks-eks pelaku narkotika," tegasnya.

Kasatnarkoba Polres Pandeglang AKP Sugiar Ali Munandar mengatakan, hingga saat ini jajarannya masih melakukan pengembangan guna mendapatkan jaringan pengedar sabu lainnya.

"Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan Pasal 112 dan 114 ayat 1 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," paparnya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pandeglang Rd Saepul menyatakan belum bisa berbicara banyak terkait adanya honorer disdukcapil yang ditangkap terkait penyalahgunaan narkotika.

"Ya saya sudah dengar hal itu. Tapi akan kami bahas dengan Pak Kadis (Tb A Saprudin, Kadisdukcapil Pandeglang) besok (hari ini -red). Kami cukup kaget dan menyayangkan kelakuan mereka," katanya singkat. (yanadi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook