Edi Bakar Semangat Nasionalisme

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 21 Mei 2019 - 10:37:25 WIB   |  dibaca: 118 kali
Edi Bakar Semangat Nasionalisme

SEMANGAT : Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional, di Pemkot Cilegon, Senin (20/5).

CILEGON - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke- 111 tingkat Kota Cilegon diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme kebangsaan sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, dan menegakkan nilai-nilai demokrasi.

Demikian yang disampaikan oleh Walikota Cilegon, Edi Ariadi saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional, yang dilaksanakan di Halaman Kantor Walikota Cilegon, Senin (20/5) pagi.

Upacara Harkitnas Kota Cilegon dihadiri ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Legiun Veteran Republik Indonesia, serta berbagai organisasi kemasyarakatan.

Edi mengatakan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 kali ini mengangkat tema Bangkit Untuk Bersatu. Dikatakan, masyarakat Indonesia harus bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan harus membuktikan bahwa bangsa ini mampu menjaga persatuan sampai detik ini. “Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu pasca pesta demokrasi dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia,” pintanya.

Dikatakan Edi, peringatan Hari Kebangkitan Nasional dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini dituntut untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah. “Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan Ramadan nanti, kita bisa mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita,” ungkapnya.

Kata Edi, Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan telah mampu menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad, yang kuncinya yaitu gotong royong. Semangat persatuan dan gotong-royong telah mengakar dan menyebar di seluruh Nusantara. “Ini dibuktikan dengan berbagai ungkapan tentang kearifan mengutamakan persatuan yang terdapat di seluruh suku, adat, dan budaya yang ada di Indonesia dan sampai kapan pun semangat ini akan senantiasa relevan,” ujarnya.

Edi mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk semangat ketika mengerjakan tugas berat yang hanya bisa dikerjakan secara bergotong-royong, bersama-sama dalam hal membangun Kota Cilegon agar lebih maju dan sejahtera.

“Dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 ini, saya mengajak agar kita semua sebagai sesama anak bangsa secara sadar memaknai peringatan kali ini dengan memperbarui semangat gotong-royong dan kolaborasi, sebagai warisan kearifan lokal yang akan membawa kita menuju kejayaan di pentas global,” kata Edi. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook