Jalur Mudik dan Wisata Tuntas H-7 Lebaran

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 23 Mei 2019 - 12:34:15 WIB   |  dibaca: 200 kali
Jalur Mudik dan Wisata Tuntas H-7 Lebaran

BERLUBANG: Kendaraan melintas di Jalan Raya Serang-Pandeglang, Kota Serang yang berlubang, kemarin. Warga sekitar memasang tanda agar pengendara tidak masuk ke lubang. Pemerintah menarget lubang tersebut dapat selesai diperbaiki pada H-7 Lebaran Idul Fitri.

SERANG- Pemprov Banten memastikan jika seluruh jalur mudik dan wisata di Banten dipastikan sudah dalam kondisi baik selambat-lambatnya pada H-7 Lebaran Idul Fitri 1440 hijriyah. Hal yang sama juga ditargetkan teralisasi pada ruas jalan nasional yang ada di Banten.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten Hadi Suryadi mengatakan, pihaknya sudah memiliki kalender kerja untuk persiapan arus mudik dan balik di wilayah Banten. Ditargetkan seluruh ruas jalan yang dipakai untuk mudik dan wisata untuk musim libur Lebaran sudah bisa digunakan sepenuhnya pada H-7 Lebaran.

“Pokoknya H-7 kita sudah siap jalur mudik maupun jalur wisata ya. H-7 sudah harus selesai,” ujarnya kepada awak media di Sekretariat DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Rabu (22/5).

Mantan Kepala DPU Kabupaten Serang itu menuturkan, adapun ruas jalan yang ditargetkan selesai jelang Lebaran di antaranya berada di Kabupaten Serang. Dia mencontohkan ruas Serang-Gunungsari, Gunungsari-Mancak, Mancak-Anyer hingga ruas Jalan Palima-Cinangka.“Itu sudah kita kerjakan. kemudian ada lagi jalur wisata yang PCI (Jalur Lingkar Selatan), PCI itu juga kemarin sudah kita lihat, kita cek sudah siap. Pada prinsipnya, pokoknya H-7 sudah kita siapkan semuanya,” katanya.

Selain ruas jalan kewenangan pemprov, kata dia, target yang sama juga diberikan kepada jalur mudik yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Pihaknya sudah berulang kali menggelar koordinasi dan pemerintah pusat pun memang memiliki target yang sama.“Kita sudah koordinasi dengan Satker (Satuan Kerja) APBN dan mereka juga mengejar timing Lebaran. Insya Allah kira-kira untuk Banten, jalur mudik ini akan kita siapkan semaksimalkan mungkin agar masyarakat Banten bisa mudik dengan lancar, nyaman dan aman,” ungkapnya.

Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengatakan, pemprov menaruh perhatian khusus kepada jalur-jalur wisata. Sebab, dia memprediksi sejumlah objek wisata pantai di Banten akan menjadi tujuan masyarakat saat musim libur Lebaran.“Saya kira masih tetap jalur-jalur yang ada, kaya misalnya yang ke Anyer. Kita antisipasi ke Anyer karena biasanya pasti orang habis Lebaran melimpah ke Anyer, kita siapkan,” tuturnya.

Persiapan jalur wisata dilakukan secara menyeluruh, selain di kawasan Pantai Anyer namun juga diberlakukan untuk wilayah Banten Selatan. “Begitu juga yang ke arah selatan, saya kira relatif. Kalau sekitar wilayah utara atau barat itu penanganan semuanya sudah sejak dulu kan, enggak ada masalah,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk persiapan mudik jalur darat juga Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten melarang bus penumpang memberlakukan tambahan pembayaran tiket atau tuslah selama arus mudik dan balik Lebaran 1440 hijriyah. Bus hanya diperkenankan memakai tarif batas atas dan bawah yang sebelumnya telah ditetapkan. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook