Geopark Harus Beri Kemanfaatan Bagi Daerah

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Jumat, 24 Mei 2019 - 11:03:13 WIB   |  dibaca: 228 kali
 Geopark Harus Beri Kemanfaatan Bagi Daerah

DUKUNG PARIWISATA: Sekda Pandeglang Pery Hasanudin (duduk, tiga dari kiri)) berpose dengan peserta FGD Cultur Diversity di di Hotel S’Ruzki, Kamis (23/5).

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah Pery Hasanudin mengatakan penetapan geopark Ujung Kulon harus berdampak pada kemajuan daerah dan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Penetapan geopark ini harus ada nilai tambah kepada masyarakat dan pemerintah daerah yakni keberagaman budaya, pariwisata, sehingga efek dari keberagaman tersebut dapat membawa daya tarik dunia pariwisata di Kabupaten Pandeglang," ujar Sekda saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Culture Diversity Badan Pengelola Geopark Ujung Kulon di Hotel S’Rizki, Kamis (23/5).

Setelah ditetapkannya geopark Kabupaten Pandeglang menjadi destinasi wisata yang memiliki keberagaman budaya yang unik diharapkan juga dapat meningkatkan kunjungan pariwisata. "Semuanya akan bermuara pada peningkatan ekonomi, kesejahteraan, dan pendapatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah”, paparnya.

Sementara itu Kepala Bidang Destinasi dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Rosy Sukmawaty mengatakan pihaknya saat ini sedang menggali potensi dan mengidentifikasi budaya dan sejarah apa saja yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Yang mungkin budaya atau kesenian lain yang belum terangkat, diharapkan dengan adanya Geopark ini tidak hanya taman bumi saja yang terangkat, akan tetapi budaya di Pandeglang juga bisa dikenal oleh seluruh Indonesia dan dunia,” kata Rosy.

Ditambahkannya, tahun ini geopark Ujung Kulon harus masuk dalam geopark nasional, sedangkan ada 3 kriteria untuk masuk dalam geopark nasional yaitu bentang alam (geodiversity) kemudian flora dan fauna (biodiversity) dan culturdiversity (budaya) semua unsur itu harus terpenuhi. “Jika tahun ini geopark Ujung Kulon masuk dalam geopark nasional, 2 tahun berikutnya target kita harus masuk dalam geopark tingkat dunia yaitu UNESCO global geopark," imbuhnya. (muhaemin)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook