Ruangan Sejuk, Tidak Berdesak-desakan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 24 Mei 2019 - 11:42:43 WIB   |  dibaca: 242 kali
Ruangan Sejuk, Tidak Berdesak-desakan

SEJUK : Pengunjung melaksanakan salat ashar berjamaah di musala Lotte Mart, Kamis (23/5).

SERANG - Keberadaan tempat ibadah seperti musala di tempat-tempat perbelanjaan sudah menjadi keharusan, agar pengunjung bisa beribadah tanpa harus jauh-jauh ke luar gedung. Pusat perbelanjaan Lotte Mart yang berlokasi di Jalan Raya Cilegon Nomor 22, Kelurahan Kagungan,  Kecamatan Serang sore kemarin dipenuhi pengunjung untuk berbelanja, baik kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lebaran. Berbeda dengan pusat perbelanjaan lainnya, harga barang-barang yang ada di Lotte Mart relatif lebih lebih murah.

Tidak heran jika Lotte Mart banyak diserbu pembeli terlebih seperti saat ini yang akan memasuki Idul Fitri.  Mereka yang berbelanja ke Lotte Mart kebanyakan bukan satuan namun per karton dengan jumlah yang banyak. Dari mereka ada yang buat dikonsumsi sendiri ada juga yang buat dijual lagi. "Iya lagi beli susu, minyak goreng sama gula pasir," ujar Humairoh, Kamis (23/5).

Perempuan yang mengaku warga Kecamatan Taktakan, Kota Serang itu sering berbelanja di Lotte Mart baik saat bulan Ramadan maupun di luar bulan Ramadan. "Kebetulan kalau saya untuk dijual lagi jadi sering belanja di sini, lumayan ada potongan harga," tuturnya.

Seperti pada umumnya pusat perbelanjaan, Lotte Mart juga menyiapkan musala untuk para pengunjung yang hendak menjalankan salat. Posisi musala sendiri berada di bagian kiri dan masih berada di dalam satu bangunan dengan tempat belanja.

Tidak sulit untuk menemukan musala yang berada di Lotte Mart karena saat kita baru masuk pintu utama kita langsung bisa melihat penunjuk arah yang bertuliskan "Musala" di sebelah kiri. Kemudian setelah kita mengikuti panah penunjuk arah kita akan melewati lorong menuju musala. Lebar lorong sendiri kurang lebih mencapai 2 meter.

Musala yang ada di Lotte Mart terbilang rapih. Selain itu tempat wudu dan tempat salat pria dan wanita juga dipisah dalam ruangan yang berbeda. Masing-masing ruangan memiliki ukuran lebar sekitar 3,5 meter dan panjang sekitar 7 meter. Di Musala yang dicat berwarna krem itu dilengkapi dengan sajadah, mukena, peci.

Yang tidak kalah penting, ruangan juga dilengkapi dengan pengharum ruangan otomatis dan kipas berukuran besar seperti blower yang dipasang di ditembok bagian depan sehingga memberikan kesejukan bagi mereka yang beribadah. Namun pada dinding musala tidak terdapat ornamen seperti yang terdapat pada umumnya di musala- musala lain.

Toilet juga dipisahkan dari tempat wudu dan musala. Selain itu, terdapat rak sepatu di pintu masuk ke tempat wudu sehingga sandal dan sepatu tidak terlihat berantakan. Kemudian terdapat bak sampah untuk memastikan kebersihan musala.

"Kalau menurut saya lumayan rapih dan di dalam juga dingin. Jadi habis salat bawaanya ngantuk. Apalagi kalau perut lagi lapar seperti ini," ujar Solihin, salah seorang pengunjung Lotte Mart yang baru beres melaksanakan salat Ashar.

Ruangan yang agak luas juga tidak membuat pengunjung yang melaksanakan salat tidak berdesak-desakan karena pengunjung yang datang rata-rata untuk berbelanja dan bukan untuk bermain seperti pengunjung mal-mal."Dari tadi (kemarin-red) saya lihat tidak berdesak-desakan beda dengan di mal, tapi kalau salat magrib pernah sekali salat lumayan ngantri," tuturnya.Untuk mengantri saat musala penuh, pihak pengelola menyediakan bangku untuk duduk-duduk. Terdapat dua bangku panjang di musala tersebut.(TANJUNG)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook