Walikota Serang Sidak THR ke Mal

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Jumat, 24 Mei 2019 - 11:47:27 WIB   |  dibaca: 296 kali
Walikota Serang Sidak THR ke Mal

DIBAYAR ENGGAK : Walikota Serang Syafrudin berbincang dengan salah satu karyawan di pusat perbelanjaan Mall Of Serang (MOS) di Kota Serang, Kamis (23/5).

SERANG - Walikota Serang Syafrudin melakukan inspeksi memdadak (sidak) ke sejumlah toko di pusat perbelanjaan Mall of Serang (MoS). Sidak dilakukan untuk memastikan setiap toko yang mempekerjakan karyawan minimal 10 orang membayarkan tunjangan hari raya kepada karyawannya tepat waktu.  “Hari ini saya pantau masalah THR karyawan MoS dan alhamdulillah semuanya dapat THR,” kata Syafrudin, Kamis (23/5).

Syafrudin mengatakan bahwa selain memantau pembayaran THR oleh perusahaan, dalam kesempatan itu ia juga meninjau sejumlah toko yang menjual makanan dan minuman. Dari pantauannya kemarin ia melihat warung yang ada di MoS tutup pada pagi dan siang hari selama bulan puasa Ramadan sesuai Surat Edaran Walikota Serang yang dibuatnya.
“Saya juga pantau Cinemaxx mereka juga hanya jual makanan di sore hari,” ujarnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Serang Akhmad Benbela yang ikut mendampingi walikota mengatakan bahwa sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2018 tentang Ketenagakerjaan THR selambat-lambatnya harus dibayarkan H-7 atau 7 hari sebelum hari raya tiba. Bila tidak maka perusahaan akan mendapatkan sanksi wajib membayarkan denda tambahan 5 persen dari nilai THR yang diberikan kepada karyawan.

Besaran THR sebanyak 1 kali gaji adalah bagi karyawan yang sudah bekerja di atas 1 tahun atau minimal setahun. Sementara bagi yang bekerja di bawah 1 tahun perhitungannya adalah besaran gaji yang diterima setiap bulannya dikalikan dengan masa kerja dan dibagi 12.

Supervisor Cinemaxx Mall of Serang Ridwan mengatakan bahwa THR untuk para karyawan Cinemaxx akan dibayarkan pada 24 Mei hari ini. Itu artinya pembayaran THR sudah sesuai dengan aturan, yaitu maksimal 7 hari sebelum Lebaran. THR yang akan diberikan adalah uang dengan nilai yang sama dengan satu kali gaji mereka setiap bulannya.“Di sini ada 34 karyawan dan rata-rata pegawai tetap,” kata Ridwan.

Hal yang sama dilakukan Wakil Walikota Serang Subadri Usuludin. Ia melakukan sidak monitoring THR ke Rumah Sakit Sari Asih Cabang Serang di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Penancangan, Kecamatan Cipocok Jaya, tepatnya di pintu tol Serang Timur, Kota Serang.

Pantauan Banten Raya di RSU Sari Asih, Subadri Usuludin yang mengenakan seragam putih bertuliskan tim monitoring THR, turun dari mobil dinasnya berwarna hitam di lobi RSU Sari Asih dilangsung disambut oleh pimpinan dan manajemen RSU Sari Asih Serang yakni Direktur RS Sari Asih Serang Yahmin Setiawan dan Kepala Disnaker Kota Serang Akhmad Benbela. Orang nomor dua di Pemkot Serang ini menyapa beberapa karyawan RSU Sari Asih yang tengah melayani masyarakat.   

Wakil Walikota Serang, Subadri mengatakan bahwa THR untuk karyawan RSU Sari Asih cukup menggembirakan berdasarkan pengakuan dari karyawannya. “Alhamdulillah monitor di Sari Asih ini cukup menggembirakan di atas pengakuan karyawan tadi. Saya punya keyakinan RS Sari Asih ini punya ketentuan yang berlaku,” kata Subadri, kepada Banten Raya, usai monitoring.

Ia berharap agar semua karyawan di Kota Serang bisa menerima THR, dan tidak ada yang belum diberikan THR oleh perusahaan. “Untuk saat ini kita pastikan terlebih dahulu, semua perusahaan swasta di Kota Serang bisa memberikan THR. Karena kita ingin, Ramadhan tahun ini semua masyarakat Kota Serang dapat merasakan hari kemenangan. Yah insha Allah hak-haknya lagi diproses hari ini  dan besok akan dicairkan besok atau lusa akan bisa diterima kepada seluruh karyawan,” katanya.

Sementara itu, Direktur RSU Sarih Asih Yahmin Setiawan menyatakan, THR karyawan di Sari Asih akan dibagikan Jumat(24/5) hari ini.  “Secara prinsip kita bahagia dikunjungi oleh Pemkot Serang. Kita mengikuti apa yang diarahkan dan ditetapkan secara regulasi oleh Pemkot Serang. Pencairan THR pun sesuai ketentuan, besok atau lusa bisa diterima oleh karyawan,” ujar Yahmin.

Ia menyebutkan, total karyawan yang bekerja di RSU Sari Asih sebanyak 400 orang yang terdiri dari tenaga dokter, keperawatan, tenaga kesehatan lainnya, dan tenaga non kesehatan. Masih di lokasi yang sama, Kepala Disnaker Kota Serang, Akhmad Benbela, menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang telah menyiapkan sanksi untuk perusahaan yang tidak membayarkan THR. “Sanksinya itu berupa tambahan THR sebesar 5 persen, dan telah sesuai dengan peraturan PP No 78 tahun 2015,” kata Benbela. (tohir/harir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook