DPUPR Genjot Perbaikan Jalan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 27 Mei 2019 - 12:46:07 WIB   |  dibaca: 163 kali
DPUPR Genjot Perbaikan Jalan

PERBAIKAN: Sejumlah pekerja tengah memperbaiki jalan berlubang di Kampung Babakan Cibeureum, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar, kemarin.

RANGKASBITUNG- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak melaksanakan perbaikan jalan berlubang menuju obyek wisata suku Baduy sepanjang 100 meter, tepatnya di ruas Rangkasbitung-Leuwidamar, Kampung Babakan Cibeureum, Desa Aweh, Kecamatan Kalanganyar. Perbaikan tersebut selain dalam rangka menjaga akses jalan menuju tempat wisata tetap baik sekaligus upaya mendukung kelancaran arus mudik maupun arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 hijriyah.

"Perbaikan jalan di wilayah Lebak terus kita genjot. Belum lama ini telah dilaksanakan perbaikan jalan berlubang menuju wisata Baduy sepanjang 100 meter," kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lebak Wawan Kuswanto kepada Banten Raya, kemarin.

Menurutnya, perbaikan jalan menuju obyek wisata masuk dalam program pemerintah daerah. Visi misi bupati yaitu menjadikan Kabupaten Lebak sebagai destinasi unggilan nasional berbasis lokal."Tentunya kita harus mendorong program tersebut. Dengan melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan yang dibiayai dari APBD 2019," katanya.

Wawan berharap, perbaikan jalan yang dilakukan turut didukung oleh masyarakat Kabupaten Lebak. Artinya hasil pembangunan sudah dilakukan agar turut dijaga dan dipelihara.
"Salah satunya menjaga air saluran drainase tidak luber ke jalan raya. Agar kondisi jalan lebih awet tidak mudah rusak," katanya.

Suherlan warga Desa Aweh mengapresiasi DPUPR yang bergerak cepat memperbaiki jalan berlubang. "Begitu berlubang langsung ditambal sehingga kerusakannya tidak melebar. Kita harapkan terus begitu agar kondisi jalan nyaman dan aman dilalui," katanya.

Suherlan berharap, perbaikan jalan diimbangi dengan pengawasan secara ketat terhadap muatan kendaraan. Supaya tidak ada kendaraan melintas melebihi muatan tonase. "Tapi sayang fakta di lapangan kendaraan melebihi tonase dan truk angkutan pasir basah masih bebas melintas. Padahal itulah penyebab utama mudah rusaknya jalan, sehingga ini butuh ketegasan dari pihak terkait agar hasil pekerjaan tidak menjadi percuma," katanya.

Kepala Desa Cibarani, Kecamatan Cirinten Dulhani mendukung penuh program bupati menjadikan Lebak sebagai destinasi unggulan nasional berbasis lokal. "Kami tentu sangat mendukung terlebih di Desa Cibarani terdapat banyak tempat obyek wisata unggulan. Sehingga visi dan misi bupati sejalan dengan  kebutuhan kami dalam upaya membangun desa," katanya.

Dulhani mengatakan, Desa Cibarani  kayak akan wisata karena ada wisata budaya, wisata alam dan wisata religinya. Namun dari jumlah kunjungan wisatan belum begitu banyak. "Ini terjadi karena akses jalan menuju Desa Cibarani sepanjang tiga kilo masih rusak alias belum diaspal masih batuan campur tanaj. Namun di tahun ini kami mendapatkan kabar gembira dari pihak DPUPR, bahwasannya jalan rusak yang sepanjang dua kilo mau  dibangun," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook