Nelayan Mulai Panen Ikan

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Senin, 27 Mei 2019 - 12:48:45 WIB   |  dibaca: 171 kali
Nelayan Mulai Panen Ikan

PERBAIKI JARING : Nelayan Kecamatan Labuan tengah memperbaiki jaring yang rusak usai pergi melaut di Sungai Cipunten Agung, Minggu (26/5).

LABUAN - Sejak satu pekan terakhir, nelayan di wilayah Kecamatan Labuan sudah mulai pergi melaut. Rohman, nelayan Desa Teluk, Kecamatan Labuan mengatakan, beberapa hari terakhir sudah melaut.

Bahkan, pihaknya sedang panen ikan. "Ya, hasil tangkapan ikan lagi rejeh (banyak-red), gak seperti bulan-bulan kemarin ikan pada susah ditangkap karena kondisi gelombang laut sedang angin barat, tapi sekarang mah cuaca sudah bagus," kata Rohman ditemui saat memperbaiki alat tangkap ikan miliknya di Sungai Cipunten Agung, Minggu (26/5).

Perubahan kondisi cuaca, kata dia, sangat berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan nelayan. Dia berharap hingga akhir tahun cuaca akan kembali stabil. "Kemarin sih lagi paceklik, tapi alhamdulillah sekarang mulai rejeh. Kemarin saja kami dapat satu ton ikan salem. Mudah-mudahan seterusnya cuaca bagus," harapnya.

Abdullah, nelayan lainnya menuturkan, tangkapan ikan para nelayan sedang meningkat karena sejak beberapa pekan nelayan tidak pergi melaut karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat. "Memang ikan lagi banyak, karena kan kemarin-kemarin kami gak melaut akibat cuaca buruk, tapi sekarang ikan gampang ditangkap," tuturnya.

Wakil Ketua Paguyuban Nelayan Kecamatan Labuan Herman membenarkan, ada beberapa nelayan yang sudah pergi melaut karena saat ini gelombang laut sudah kembali normal. "Sekarang gelombang laut sudah mulai baik, gak kayak kemarin-kemarin angin barat. Memang ada nelayan yang sudah melaut dan tidak, itu pun kalau mereka sudah punya bekal untuk melaut seperti biaya makan dan lainnya," ucapnya.

Dijelaskannya, untuk satu kali melaut para nelayan harus mengeluarkan biaya operasional jutaan rupiah. "Satu perahu nelayan yang mau berangkat cari ikan ke laut harus punya dana Rp5 juta sampai Rp8 juta. Jadi kalau hasil tangkapan ikan nelayan lagi bagus, mereka bisa dapat uang banyak, tapi kalau misalkan gak dapat ikan paling hanya buat makan di rumah," jelasnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook