Beraksi di Pos Polisi, Pencuri Ditangkap

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 27 Mei 2019 - 14:09:12 WIB   |  dibaca: 308 kali
Beraksi di Pos Polisi, Pencuri Ditangkap

EKSPOS : Wakapolresta Tangerang, AKBP Komarudin memperlihatkan barang bukti hasil kejahatan pelaku Iwan saat konfrensi pers di Makopolresta Tangerang, kemarin.

KAB. TANGERANG - Iwah Suhwah (45), warga Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang nyaris kehilangan uangnya senilai Rp 7 juta setelah digondol pelaku. Beruntung pelaku berhasil diringkus polisi.Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, kejadian itu bermula saat korban membawa uang pecahan Rp 10 ribu dan Rp 20 yang baru ditukar di bank.

Uang yang dimasukkan ke dalam plastik tersebut disimpan di bagian dalam jok sepeda motor miliknya. Setelah melintas di Pos Lalu Lintas (Lantas) di pertigaan Balaraja, korban dihentikan Anggota Polantas Polresta Tangerang karena motor korban tidak meyala.

Saat korban berada di dalam Pos Lantas untuk mengambil surat tilang, motor yang tengah terparkir didatangi pelaku dan nekad membongkar jok motor. Setelah membongkar jok, pelaku mengondol uang tersebut.

Wakapolresta Tangerang, AKBP Komarudin menjelaskan, korban ditilang anggota Polantas karena melangar lalu lintas dengan tidak menyalakan lampu kendaraannya. Saat korban sedang diperiksa kelengkapan kendaraan di dalam Pos Lantas, tersangka bernama Iwan (38) membongkar jok motor dan mengambil uang yang terbungkus plastik. “Aksi pelaku itu dilihat salah seorang anggota Polantas, karena gelagat mencurigakan pelaku diamankan ke pos,” jelas Komarudin kepada wartawan saat konperensi pers di Mako Polresta Tangerang, Sabtu (25/5).

Saat tersangka diintograsi di dalam Pos Lantas, kata Komarudin, korban mengenali bahwa bungkusan plastik hitam yang dibawa pelaku adalah miliknya. Korban bahkan tahu detail isi dalam plastik itu. “Setelah dibuka, isi bungkusan plastik sama dengan yang diterangkan korban,” ujarnya.

Komarudin mengatakan, atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 Kitab Undang-Undang Pidana (KUHP) dengan ancaman diatas 5 tahun penjara. Dalam kesempatan itu, Komarudin menghimbau, masyarakat agar berhati-hati menyimpan uang dan barang berharga di kendaraan. Biasanya, pelaku kejahatan jalanan meningkat saat menjelang lebaran.

“Saya menyampaikan agar masyarakat tetap waspada terutama saat melakukan transaski perbankan dalam jumlah besar. Jika diperlukan, polisi siap memberikan pengawalan dan pengamanan gratis,” tutupnya.

Sementara itu, pelaku Iwan mengaku nekat mereampok uang korban meski di dekat Pos Polisi karena desakan kebutuhan ekonomi jelang lebaran. Menurutnya, Ia sudah membututi korban saat keluar dari Bank. “Saya berdua dengan teman saat membututi korban. Teman saya kabur saat saya ditangkap polisi,” singkatnya. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook