CPNS Baru Tak Dapat THR

nurul roudhoh   |   Metro Tangerang  |   Senin, 27 Mei 2019 - 14:11:46 WIB   |  dibaca: 383 kali
CPNS Baru Tak Dapat THR

PELANTIKAN : Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar melantik CPNS di lingkungan Pemkab Tangerang, April 2019 lalu.

KAB. TANGERANG - Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang hasil rekrutmen 2018 dipastikan tidak dapat Tunjangan Hari Raya (THR). Pasalnya, mereka baru saja berdinas pada April dan menerima gaji pertama pada Mei lalu.Namun demikian, Pemkab Tangerang sudah meyiapkan anggaran keagamaan untuk CPNS yang akan cair usai Lebaran idul fitri.

Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang, Achmad Surya Wijaya, mengatakan, CPNS hasil rekrutmen 2018 tidak bisa menerima THR bersamaan dengan seluruh PNS  karena baru berdinas pada April lalu.

Sebagai gantinya, CPNS akan mendapatkan tunjangan keagamaan yang akan cair 25 Juni mendatang atau usai lebaran. “CPNS baru berdinas Apri lalu, jadi tidak dapat THR. Nanti ada tunjangan keagamaan. Itupun cair usai lebaran,” kata Achmad kepada wartawan melalui telepon, Minggu (26/5).

Sementara untuk THR PNS di lingkungan Pemkab Tangerang, kata Achmad, akan cair pada Senin (27/5). Untuk pembayaran THR tersebut, Pemkab sudah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 40 miliar. “Nilai sebesar itu diperuntukkan bagi  ribuan PNS. Jumlah pastinya lupa,” ujarnya.

Achmad mengungkapkan, sesuai edaran Kemendagri, pencairan THR berpedoman pada Petunjuk Teknis (Juknis) kepala daerah. Payung hukumnya adalah peraturan Bupati (Perbup). Karena perbup sudah turun, maka THR bisa cair segera dicairkan. Rinciannya, besaran gaji April, ditambah tunjangan jabatan, tunjangan kinerja, dan tunjangan keluarga. ’’THR itu diberikan secara non-tunai. Hal ini sesuai Peraturan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 58 Tahun 2019,” ungkapnya.

Achmad menambahkan selain THR ASN, pemkab juga telah menganggarkan dari APBD Kabupaten Tangerang untuk THR tenaga kontrak yang diangkat sesuai SK Bupati. Besaran THR yang diberikan adalah satu kali gaji pokok.

Nilai total alokasi anggarannya mencapai ratusan juta. THR dibayarkan untuk memberikan kesejahteraan PNS dan tenaga kontrak untuk memenuhi kebutuhannya saat Lebaran. ‘’Sesuai aturan, THR harus dibayarkan paling lambat 10 hari sebelum tanggal hari raya," tutupnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tangerang Muhammad Hidayat membenarkan, THR untuk ASN dan tenaga kontrak dilingkungan Pemkab Tangerang akan cair pada Senin (27/5) karena Perbup sudah turun. “Besok THR ASN dan tenaga kontrak cair. Pencairannya melalui rekening masing-masing,” singkatnya. (imron).

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook