Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Terus Mengalir

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Senin, 27 Mei 2019 - 14:18:47 WIB   |  dibaca: 232 kali
Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Terus Mengalir

BANTUAN: Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya bersama BPBD Lebak memberikan bantuan secara langsung kepada korban banjir bandang di Kecamatan Muncang, beberapa hari lalu.

RANGKASBITUNG- Berbagai jenis bantuan dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Lebak terus berdatangan untuk korban bencana banjir bandang di Sajira, Muncang, Leuwidamar, serta Cimarga. Bantuan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak. Bantuan dari berbagai pihak yang diserahkan melaui pihak BPBD Lebak tersebut diharapkan mampu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana.

Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak sekaligus Kepala BPBD Lebak Dede Jaelani mengatakan, seluruh SKPD yang memberikan bantuannya diperintahkan agar didistribusikan melalui BPBD Lebak. Namun pihaknya mempersilahkan bagi pihak swasta, masyarakat maupun organisasi kemasyarakat yang memang menghendaki secara langsung menyerahkan bantuannya ke lokasi bencana banjir bandang.

"Berbagai bantuan yang sementara ini telah diserahkan dari BPBD Lebak maupun pihak lain kepada masyarakat di lokasi bencana banjir bandang, tentu sangat meringankan beban masyarakat di sana," ujar Dede, kemarin.

Menurutnya, hingga akhir pekan ini pihaknya bersama seluruh tim relawan BPBD sebagian berada di lokasi bencana banjir bandang, sebagian lagi mengoordinasikan bantuan dari berbagai pihak yang akan diserahkan melalui BPBD Lebak. "Selain berbagai jenis bantuan berupa sembako dan peralatan lainnya, pemkab berencana untuk mengalokasikan bantuan berupa dana kepada warga di lokasi banjir bandang yang mengalami rusak berat dan ringan," katanya.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Lebak Kaprawi menjelaskan bahwa pihaknya masih berkonsentrasi melalukan penanganan pasca bencana banjir bandang di empat kecamatan. Konsentrasi yang dilakukannya tidak hanya sebatas mendistribusikan bantuan, tetapi juga memberikan rasa aman kepada masyarakat di seluruh lokasi terdampak.

"Bencana banjir bandang tersebut sangat mengejutkan masyarakat di 13 desa di empat kecamatan, sehingga kami harus berupaya memulihkan rasa trauma masyarakat setempat pasca bencana banjir bandang ini," terang Kaprawi. (hudaya)
 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook