PHRI Akan Gelar Festival Getek Ciujung

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 28 Mei 2019 - 14:49:45 WIB   |  dibaca: 115 kali
PHRI Akan Gelar Festival Getek Ciujung

SILATURAHMI: Pengurus PHRI bersama Dinas Pariwisata dan sejumlah elemen masyarakat buka bersama di Hotel Kharisma, Rangkasbitung, kemarin.

RANGKASBITUNG- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Lebak akan menggelar acara festival getek Ciujung.  Acara tersebut digelar dalam rangka menarik wisatawan lokal dan mancanegara datang berkunjung ke Kabupaten Lebak."Kabupaten Lebak memiliki banyak potensi wisata yang belum digarap. Salah satunya festival getek Ciujung," kata Sigit, anggota PHRI sekaligus Manajer Hotel Kharisma, saat buka puasa bersama di Hotel Karisma, kemarin.

Sigit mengungkapkan, Sungai Ciujung berpotensi menjadi tempat destinasi wisata baru."Wisata air sangat diminati, banyak daerah tak punya sungai buat danau buatan. Sedangkan kita punya potensi Ciujung bagus sekali, kita angkat, kita belajar dari daerah lain akan mengangkat isu destinasi wisata baru," katanya.

Sigit mengungkapkan, daerah lain yang sukses mengembangkan wisata baru salah satunya di Jember. "Undangan Festival Karnaval Jember, pakaian unik. Dulu aneh, dulu pesimistis tapi sekarang berkembang semua diawali festival kemudian menjadi destinasi unggulan. Dulu di Jember dikenal hanya reog Ponorogo, tapi sekarang karnaval menjadi unggulan dunia menandingi Rio de Janeiro, Brazil, nah kita mencoba mengangkat Sungai Ciujung ini bikin festival," katanya.

Sigit mengungkapkan, melaksanakan festival getek Ciujung sebetulnya salah satu wisata beresiko tinggi. Oleh karena itu pihaknya mengajak temen-temen Tagana, PMI, PHRI, juga Kadis Pariwisata Lebak. "Untuk bersama-sama bikin festival. Setelah Lebaran kitak akan halal bihalal dan bahas lebih intens,"katanya.

Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin menuturkan, pemda sangat mendukung digelarnya festival getek Ciujung. "Masyarakat harus sudah siap, Lebak wisata unggulan nasional berbasis lokal. Salah satunya festival getek, tidak hanya event tapi harus bisa mengangkat sisi budaya Kabupaten Lebak," katanya.

Tokoh Pemuda Muhammadiyah Lebak Haris Khadafi mendukung penuh Festival Sungai Ciujung. "Itu bagian menapak tilas sejarah. Bahwa dulu Sungai Ciujung ini sebagai jalur perdagangan antara dari Tanara dengan Sajira," katanya.

Menurut sejarah, pasar dulu menghadap ke Sungai Ciujung yang sekarang ini menjadi Kampung Lebak Pasar. Dulunya merupakan titik pertemuan antara warga Tanara bawa ikan, garam dan dari Sajira bawa sayuran.

"Di situ lah terjadi transaksi jual beli. Festival getek ini menjadi event nasional kita bisa, dengan menjadikan botol minum air kemasan dijadikan perahunya juga sebagai presfektif pemanfaatan sampah limbah plastik yang tujuannya untuk perbaikan lingkungan,"katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook