Dishub Cek Angkutan Lebaran

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 28 Mei 2019 - 14:50:39 WIB   |  dibaca: 122 kali
Dishub Cek Angkutan Lebaran

PEMERIKSAAN: Petugas memeriksa surat kendaraan di Terminal Aweh, Desa Sukamekarsari, Kecamatan Kalanganyar, Senin (27/5).

RANGKASBITUNG- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lebak mengecek kendaraan angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 1440 hijriyah di Terminal Aweh, Desa Sukamekarsari, Kecamatan Kalanganyar, Senin (27/5). Selain kendaraan, petugas juga memeriksa surat kendaraan serta melakukan tes urine kepada pengemudinya.

"Pengecekan ini sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari terjadinya kecelakaan pada kendaraan angkutan Lebaran, khususnya pada angkutan desa yang berada di Terminal Aweh," kata Kepala Seksi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) pada Bidang Keselamatan Lalu Lintas Dishub Lebak Agus Mahendra.

Agus mengatakan, pengecekan meliputi pemeriksaan roda, rem, lampu serta dilakukan uji coba kendaraan. Hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh kendaraan angkutan umum layak untuk mengangkut penumpang. "Kita ingin memastikan kendaraan layak dan aman untuk ditumpangi. Sehingga tidak hanya kendaraan tetapi juga memeriksa kesehatan sopirnya melalui tes urine," katanya.

Agus mengatakan, jumlah kendaraan angkutan trayek Terminal Aweh-Sunan Kalijaga sebanyak 60 unit kendaraan. Sedangkan trayek angkutan desa-Terminal Aweh berupa kendaraan PS sebanyak 80 unit. "Ramcek akan berlangsung sampai tanggal 30 Mei dengan tempat tidak hanya Aweh. Untuk saat ini tidak ditemukan kendaraan tidak layak jalan," katanya.

Petugas Kesehatan Puskesmas Kalanyanyar dr Merlin menuturkan, puluhan pengemudi angkot sudah menjalani tes urine. "Tes urine ini dilakukan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi sehat serta bebas narkoba," katanya.

Staf Seksi Kesehatan Lingkungan Kerja pada Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Lebak A Rohman menambahkan, pelaksanaan tes urine berjalan lancar. "Belum ditemukan pengemudi menggunakan obat-obatan terlarang," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook