Bantuan Alsintan Tak Boleh Dijual

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 28 Mei 2019 - 14:58:18 WIB   |  dibaca: 180 kali
Bantuan Alsintan Tak Boleh Dijual

TINGKATKAN PRODUKSI PERTANIAN : Bupati Irna Narulita didampingi Sekda Pery Hasanudin secara simbolis menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada kelompok tani di Pendopo Pandeglang, Senin (27/5).

PANDEGLANG - Bupati Irna Narulita mengingatkan para kelompok tani yang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari pemerintah dapat memaksimalkan produksi pertaniannya. Pesan ini disampaikan Irna ketika membagikan 98 unit alsintan secara simbolis di Pendopo Pandeglang, Senin (27/5).

Menurutnya, alsintan berupa traktor, cultivator hingga pompa air yang disalurkan guna menggenjot sektor pertanian. "Saya berharap alsintan ini dapat dipergunakan dengan baik, sehingga bisa meningkatkan produksi dan produktivitas hasil pertanian di Pandeglang," hara Irna, kemarin.

Mantan anggota DPR RI ini mengungkapkan, dengan adanya bantuan alsintan pengolahan lahan pertanian akan lebih mudah dan cepat. Sebab, para petani tidak butuh waktu lama untuk bercocok tanam. "Mesin ini bisa membantu para petani sampai mengurangi biaya operasional. Biasanya dalam satu hektar butuh waktu lama, tapi dengan adanya alsintan ini hanya beberapa hari sudah bisa menanam," ungkapnya.

Irna mengatakan, bagi kelompok tani yang mendapatkan bantuan alsintan dapat dipinjamkan kepada para petani. "Sekarang apabila kelompok tani yang sudah selesai melakukan penggarapan, dapat dipinjamkan ke kelompok tani lainnya, sehingga semua merasakan dan mudah dalam melakukan pengolahan lahan pertanian," ujarnya.

Irna berpesan bahwa alsintan tersebut jangan sampai disalahgunakan. Apalagi jika ada oknum yang berani menjualnya, pihaknya tidak segan-segan akan memberikan sanksi tegas sesuai aturan. "Kelompok yang nakal harus di-blacklis. Jangan lagi mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah," tegasnya.

Untuk meminimalisasi hal itu tidak terjadi, Irna meminta Dinas Pertanian (Distan) Pandeglang untuk melakukan pendataan ulang terhadap kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan alsintan dari pemerintah. "Saya minta harus ada revitalisasi kelompok tani biar tidak ada kelompok tani yang menyalahgunakan bantuan yang diberikan," pintanya.

Kepala Distan Pandeglang Budi S Januardi mengatakan, untuk kelompok tani yang mendapatkan bantuan alsintan tersebar di beberapa kecamatan, diantaranya Koroncong, Pandeglang, Cadasari, Cimanggu, Pagelaran dan Cipeucang. "Seluruh bantuan yang kami salurkan 58 unit traktor roda dua, 34 pompa air, dan 3 unit cultivator," terangnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook