Guru Dituntut Tingkatkan Kompetensi TI

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Selasa, 28 Mei 2019 - 15:24:07 WIB   |  dibaca: 532 kali
Guru Dituntut Tingkatkan Kompetensi TI

GURU: Sejumlah guru madrasah menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum mengikuti salah satu kegiatan yang digelar Kementerian Agama Banten beberapa waktu yang lalu.

SERANG - Direktur Seameo Seamolec, Alpha Amirrachman menilai, saat ini memasuki era industri 4.0, guru harus mampu meningkatkan kompetensi dalam bidang teknologi dalam proses kegiatan belajar mengajar.Menurutnya, saat ini penggunaan teknologi yang berbasis internet sangat mudah untuk diaskses, sehingga siswa dapat belajar dimanapun dan kapanpun. "Guru jangan sampai kalah canggih dengan peserta didiknya," kata Alpha Amirrachman, di Untirta, Senin (27/5).

Ia menjelaskan, proses pembelajaran banyak pengalami perubahan di era industri 4.0 ini, karena semuanya sudah dilakukan dengan menggunakan basis teknologi dan internet. Terutama kegiatan belajar mengajar formal dan informal.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, lanjutnya, guru harus siap meningkatkan kompetensi dalam bidang teknologi yang mampu diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Kata Alpha, pendidikan dan pembelajaran pada era 4.0 merupakan pengembangan untuk mengintegrasikan teknologi, baik fisik maupun non fisik kedalam pembelajaran."Teknologi pembelajaran merupakan teori dan praktik etis dalam rangka meningkatkan performance kinerja, salah satunya dengan teknologi a project. Jadi yang tepat yakni penggunaan  teknologi internet," ungkapnya.

Masih kata Alpha, untuk menghadapi era 4.0 diperlukan pendidikan yang dapat membentuk peserta didik dan guru menjadi generasi kreatif, inovatif serta kompetitif. Salah satunya dengan mengoptimalisasikan penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan yang diharapkan mengasilkan output yang dapat mengikuti perubahan zaman.

"Kompetensi dianggap sebagai modal yang sangat dibutuhkan untuk mampu bersaing dalam era industri 4.0. Dengan menggunakan metode pembelajaran pendidikan yang tepat, diharapkan generasi muda siap untuk menghadapi era industri 4.0,” tegasnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook