Peserta Open Bidding Jalani Tes Wawancara

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 28 Mei 2019 - 15:40:34 WIB   |  dibaca: 524 kali
Peserta Open Bidding Jalani Tes Wawancara

TAHAP AKHIR : Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud (kedua dari kanan) memantau tahapan wawancara lelang jabatan tiga kepala OPD, kemarin.

SERANG – Peserta open bidding atau lelang jabatan tiga kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang menjalan tes wawancara dan pemaparan makalah. Tiga orang panelis yaitu, Syam'un dari Unpad, Bandung, Soleh Hidayat dari Untirta, dan Zakaria Syafe'i dari UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten (SMHB) menguji kemampuan para peserta open bidding satu per satu.

Plt. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang Asep Saepudin  mengatakan, tes wawancara dan pemaparan makalah merupakan tahap ketiga yang diikuti para peserta open bidding setelah sebelumnya mereka mengikuti assessment dan rekam jejak. “Untuk wawancara ini kita laksanakan dua hari,” kata Asep, di hotel Horison, Senin (27/5).

Ia menjelaskan, tes wawancara juga merupakan tahap akhir yang dilaksanakan oleh paniti seleksi (pansel) sebelum kemudian dilakukan perangkingan. “Nanti ada penilaian dari pansel setelah itu dilakukan pleno untuk menentukan tiga besar. Untuk perangkingan ada dua opsi, pertama kita minta paling lambat besok (hari ini-red) nilainya sudah keluar sehingga pada Rabu (29/5) sudah bisa dilakukan perankingan,” ujarnya.

Kemudian untuk opsi kedua, jika nilai tidak keluar sesuai opsi pertama maka perangkingan paling lambat akan dilakukan pada 10 Juni bulan depan setelah libur Idul Fitri. “Kalau dari tim assessor akan berupaya besok (hari ini-red) bisa keluar nilainya. Tapi yang jelas prinsipinya pertengah Juni semua tahapan sudah selesai dilaksanakan. Kita targetkan Juni sudah pelantikan termasuk untuk kepada BKPSDM,” tuturnya.

Disoal terkait dengan kemampuan para peserta Open bidding saat menjalani tes wawancara, Asep menuturkan, secara umum para peserta memahami apa yang akan menjadi tugasnya. “Tadi (kemarin-red) pertanyaan dari panelis bagus-bagus. Yang ditanyakan terkait dengan isu strategis yang ada di OPD tekait, kemudian kelembagaan dan tantangan seta solusi yang diberikan. Jawaban peserta juga bagus-bagus,” katanya.

Untuk diketahui, BKPSDM Kabupaten Serang menggelar seleski open bidding atau lelang jabatan tiga kepala OPD yaitu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Persandian dan Telematika (DKPIT), yang diikuti 12 pejabat eselon III di lingkungan Pemkab Serang. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook