9 Pemudik Tewas di Jalan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Senin, 10 Juni 2019 - 11:47:20 WIB   |  dibaca: 160 kali
9 Pemudik Tewas di Jalan

SERANG - Angka kecelakaan lalu lintas selama arus mudik di Banten menurun sekitar 10 persen dibandingkan dengan 2018. Angka ini sementara didapat dari H-7 sampai H+4 Lebaran. Kanit Lakalantas Polda Banten Iptu Pujiyanto mengatakan berdasar data Unit Lakalantas Direktorat Lalulintas Polda Banten, angka kecelakaan musim mudik lebaran Idul Fitri 2019 tercatat 18 kasus, sedangkan di periode yang sama tahun lalu sebanyak 20 kasus.

Meski jumlah lakalantas menurun, kata Pujiyanto, jumlah korban meninggal dunia naik sebesar 50 persen dibanding tahun 2018, dari 6 korban jiwa menjadi 9 orang. Sedangkan korban luka berat atau ringan tahun ini turun 100 persen."Untuk kerugian materil turun sebanyak 20 persen dari Rp85,3 juta menjadi 66,2 juta," ujarnya.

Lebih lanjut, Pujiyanto menambahkan, salah satu faktor yang membuat kecelakaan menurun selama arus mudik ialah masyarakat yang lebih sadar akan keselamatan berkendara.  "Faktor kesadaran dalam berkendara, seperti patuh terhadap rambu, tidak ngebut atau banyak istirahat saat lelah yang menjadikan lakalantas menurun," tambahnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Serang Kota Ipda Haris Munandar mengatakan, kecelakaan lalu lintas saat arus mudik Lebaran terjadi di Jalan Raya Merak, Grogol, Kota Cilegon, antara Bus AKAP dan pemudik yang menggunakan sepeda motor. Peristiwa itu terjadi pada Senin (3/6) lalu. "Korban tiga orang. Dua orang luka atas nama Surono dan Samsudin, sedangkan yang meninggal atas nama Anita. Mereka pemudik asal Depok hendak nyeberang ke Lampung," katanya.

Selain saat mudik, Haris mengungkapkan laka lantas juga terjadi pada Minggu (9/6) siang di Flayover Cibeber, Kota Cilegon. Korban atas nama Hermansyah warga Kampung Cigua, Desa Carenang, Kecamatan Careng, Kabupaten Serang."Laka tunggal, korban menggunakan sepeda motor Yamaha Mio berplat nomor A 4227 HX. Saat ini korban masih belum sadarkan diri dan sedang mengalami perawatan di RSUD Cilegon," tambahnya.

Haris menghimbau kepada para pemudik atau yang hendak kembali ke rumahnya masing-masing untuk selalu berhati-hati dan mentaati peraturan lalu lintas guna tercipta kemanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas."Silakan beristirahat di pos polisi di sepanjang jalur mudik," imbaunya. (darjat)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook