KPU Siap Hadapi Gugatan Demokrat

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 11 Juni 2019 - 11:37:32 WIB   |  dibaca: 109 kali
KPU Siap Hadapi Gugatan Demokrat

BUKA KOTAK : KPU Kota Cilegon sempat membuka kotak suara untuk memastikan kebenaran usai protes dari Partai Demokrat dalam sidang Pleno Penghitungan Suara, beberapa waktu lalu.

CILEGON – KPU Kota Cilegon menyatakan siap menghadapi gugatan dugaan penggelembungan suara Pileg DPRD Cilegon yang diajukan Partai Demokrat Cilegon ke Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Cilegon siap hadir jika dibutuhkan KPU RI sebagai tergugat atau termohon.

Kepala Divisi Hukum KPU Kota Cilegon, Sehabudin menyatakan, dalam gugatan KPU RI yang menjadi termohon bukan KPU Kota Cilegon, sehingga pihaknya akan hadir jika diperintahkan untuk memberikan keterangan dalam sidang. “Kuasa hukumnya dari KPU RI. Sebab termohonnya juga KPU RI, sehingga prosedurnya diwakilkan via KPU RI. Bila diperlukan dari KPU RI untuk hadir, baru kita KPU Kota Cilegon hadir,” katanya kepada Banten Raya, Senin (10/6).

Meski hanya menjadi pemberi keterangan, imbuh Sehab-panggilan akrab Sehabudin, KPU Kota Cilegon sudah menyiapkan berbagai bukti dokumen atau data yang diperlukan untuk menguatkan dalam sidang.“Ya pasti harus dipersiapkan semua alat bukti untuk menangkis jawaban dari pemohon (Partai Demokrat-red),” imbuhnya.

Sehab menjelaskan, sampai sekarang KPU Kota Cilegon belum menerima laporan soal diterima atau tidaknya gugatan Partai Demokrat Cilegon ke MK terkait dengan hasil Pleno Penghitungan Suara, yang dianggap terdapat kecurangan.

Hal tersebut karena MK masih menyiapkan sengketa sidang untuk gugtaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) terlebih dahulu.“Belum (soal sidang dan ada panggilan MK-red), sidangnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dulu,” imbuhnya.

Hasil Pleno Pileg KPU Cilegon digugat oleh Partai Demokrat Cilegon. Demokrat menduga adanya kecurangan dalam proses pileg dengan modus penggelembungan suara oleh salah satu partai, sehingga merugikan raihan suara Partai Demokrat untuk Pileg DPRD Kota Cilegon.

Pernyataan itu disampaikan Demokrat Cilegon melalui Sekretaris DPD Partai Demokrat Banten, Eko Susil dalam Konfrensi Pers Partai Demokrat di salah satu restoran di Kota Cilegon, Minggu (26/5). (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook