Libur Lebaran Usai, Balawista Masih Siaga

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 11 Juni 2019 - 11:56:41 WIB   |  dibaca: 174 kali
Libur Lebaran Usai, Balawista Masih Siaga

AWASI PENGUNJUNG PANTAI : Petugas Balawista mengawasi pengunjung Pantai Pasir Putih, Kecamatan Carita, Senin (10/6).

PANDEGLANG - Sejumlah obyek wisata pantai di wilayah Kabupaten Pandeglang hingga Senin (10/6) masih banyak dikunjungi wisatawan yang memanfaatkan libur lebaran. Hal ini membuat Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) harus menambah masa tugas hingga empat hari kedepan untuk mengawasi pengunjung pantai.

Ketua Balawista Kabupaten Pandeglang Muklas Halim mengatakan, beberapa obyek wisata pantai salah satunya Pantai Pasir Putih masih banyak dikunjungi wisatawan. Kepadatan itu sudah terjadi sejak Kamis (6/6). Dengan padatnya pengunjung, Muklas bersama anggotanya terus melakukan pengawasan terhadap wisatawan. "Sampai hari ini (kemarin-red) masih banyak pengunjung. Kami akan selalu memantau agar pengunjung bisa merasa aman pada saat berada di lokasi pantai," kata Muklas dihubungi melalui telepon selulernya, kemarin.

Muklas mengimbau para pengunjung pantai untuk lebih mengutamakan keselamatan saat berada di pantai. Para pengunjung diminta untuk lebih aktif melaporkan kepada petugas Balawista jika terjadi hal yang tidak diinginkan. "Kita harus saling menjaga keselamatan. Kalau terjadi insiden bisa segera meminta pertolongan kepada petugas kami di lapangan. Kami berharap pengunjung yang berlibur ke pantai semuanya selamat," katanya.

Ketua Balawista Banten Ade Ervin menjelaskan, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 105 personel untuk membantu mengamankan aktivitas wisata di sepanjang pantai di wilayah Banten. Ratusan personel itu dibagi dalam 19 posko tersebar di empat kabupaten kota di Banten, di antaranya Pandeglang hingga Pantai Sawarna, Kabupaten Lebak. "Mereka sudah dibekali kemampuan menyelemat. Kami juga menyiapkan sejumlah peralatan penyelamat, di antaranya tiga 3 mobil operasional untuk evakuasi, rubber boat 3 unit dan pelampung," jelasnya.

Menurutnya, Balawista sudah menyampaikan kepada para pengunjung untuk mematuhi arahan dari petugas guna menghindari insiden yang tidak diinginkan. "Batas aman berenang sesuai standar yang dimiliki, 25-30 dari bibir pantai. Adapun di kawasan tertentu memang tidak kita pasang batas berenang karena ombak besar seperti di Sawarna dan Bagedur. Namun kami tetap memasang rambu-rambu seperti bendera dan papan imbauan yang dipasang di setiap pantai" terangnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook