Bapenda Tagih Pajak ke Luar Daerah

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Selasa, 11 Juni 2019 - 12:59:27 WIB   |  dibaca: 186 kali
Bapenda Tagih Pajak ke Luar Daerah

FOKUS PENAGIHAN: Petugas dari Bapenda Kabupaten Serang menagih piutang pajak ke Karawang, Jawa Barat belum lama ini.

SERANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Serang tidak hanya melakukan penagihan pajak di wilayah Kabupaten Serang, namun juga ke luar daerah seperti ke Karawang, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Tangerang terutama untuk mereka yang tunggakan pajaknya lebih dari satu tahun. Upaya itu dilakukan selain untuk memaksimalkan pendapatan daerah, juga untuk mengurangi tunggakan pajak.

Kabid Penetapan dan Penagihan Bapenda Kabupaten Serang Warnerry Poetry mengatakan, belum lama ini pihaknya telah melakukan penagihan pajak reklame milik PT Cipta Anugerah, di Karawang, Jawa Barat yang menunggak pajak selama dua tahun. “Alhamdulillah kita bisa menagih piutang pajak reklame dari PT Cipta Anugerah yang menjadi vendornya rokok Sampoerna,” kata Nerry, Senin (10/6).

Nerry mengaku tidak mengalami kesulitan dalam menagih piutang pajak dari PT Cipta Anugerah tersebut karena wajib pajak (WP) meresponsnya dengan baik. “Alhamdulillah sih WP-nya terbuka. Pada prinsipnya mereka (WP-red) itu bukan tidak mau membayar pajaknya tapi menurut pengakuannya tidak sempat. Rp90 juta dan sudah dibayar lunas. Memang tidak terlalu besar sih tapi lumayan,” ujarnya.

Selain melakukan penagihan ke Karawang, pihaknya juga melakan penaghihan pajak reklame kepada pemilik Oppo di Jakarta yang menunggak pajak sebesar Rp50 juta lebih. “Untuk Oppo satu tahun nunggak pajaknya. Kalau alasan pihak Oppo tidak membayar pajak karena mengira kontrak dengan vendornya sudah termasuk pajak, tapi ketika dicek ternyata pajak bukan tanggungjawab vendor,” paparnya.

Pihaknya menargetkan, ke depan dapat mendatangi WP yang menunggak pajak terutama untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) milik perusahaan yang nilainya di atas Rp100 juta ke atas bahkan yang nilainya sampai di atas Rp1 miliar. “Kita akan cari dulu alamat lengkapnya. Biasanya kita langsung ke kantor pusatnya karena kalau kantor cabangnya suka banyak alasan. Kalau sudah kita tagih masih tetap bandel asetnya kita pasangi plang,” tuturnya.

Disoal terkait dengan realisasi penerimaan pajak dari 11 jenis pajak yang ada, Nerry mengungkapkan, sampai saat ini secara keseluruhan baru tercapai 22,37 persen dari target Rp374.109.500.000. “Itu keseluruhannya, tapi kalau dirata-ratakan sudah di atas 40 persen seperti pajak hiburan sudah 42,78 persen, pajak reklame sudah 44,73 persen, dan pajak mineral bukan logam dan batuan sudah 60,79 persen,” ujarnya.

Sementara itu, Kasubid Penetapan dan Penagihan Wilayah 2 Bapenda Kabupaten Serang Nizam Muluk mengatakan, pihaknya juga telah mendatangi kantor pusat Alfamidi di Kota Tangerang untuk melakukan penagihan pajak. “Sebelum kita menagih ke Karawang dan Jakarta kita melakukan penagih pajak reklame Alfamidi. Setelah kita tagih langsung dibayar juga. Nilainya Rp50 juta,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook