Pengunjung Banten Lama Jorok, Sampah Dimana-mana

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Selasa, 11 Juni 2019 - 13:03:46 WIB   |  dibaca: 115 kali
Pengunjung Banten Lama Jorok, Sampah Dimana-mana

JADI KUMUH : Petugas membersihkan sampah di air mancur alun-alun Banten Lama, Senin (10/6).

SERANG – Banten Lama yang sudah direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi Banten sudah tampak indah. Sayang keindahan Banten Lama tidak dijaga oleh para pengunjung yang buang sampah di sembarangan tempat.

Pantauan Banten Raya di lokasi di sejumlah titik sampah tampak berantakan di Banten Lama. Bahkan di alun-alun yang sudah dilapisi marmer pun ada sampah bekas makanan dan minuman yang dibiarkan oleh para pengunjung. Sampah tampak berserakan di selokan-selokan air di sepanjang alun-alun tersebut.

Tidak hanya sampah, sejumlah fasilitas yang dibangun juga tidak luput dari tingkah pengunjung yang tidak bertanggung jawab. Lampu hias yang ada di alun-alun beberapa tampak miring dari tempat semula. Bahkan ada juga yang sudah roboh dan rusak berantakan.

Imam Munandar, salah seorang pengunjung Banten Lama, mengatakan bahwa kondisi Banten Lama saat ini memang sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan Banten Lama sebelum adanya revitalisasi. Sebelum direvitalisasi, sampah sangat mudah ditemui di Banten Lama.“Sekarang setelah dibagusin juga masih ada aja pengunjung yang jorok membuang sampah sembarangan,” kata Imam, Senin (10/6).

Padahal, kata Imam, tempat sampah sudah disediakan oleh pengelola Banten Lama. Yang membuatnya geram sampah-sampah itu dibuang secara sembarangan bahkan di air mancur di tengah alun-alun. Perilaku itu membuat Banten Lama yang indah menjadi tampak kumuh.“Jangan sampai Banten Lama kayak sebelum dibangun,” katanya berharap.

Salah seorang petugas Satpol PP Pariwisata dari Satpol PP Provinsi Banten yang tidak mau menyebutkan identitas mengatakan bahwa perilaku pengunjung Banten Lama memang masih belum tertib. Mereka dengan seenaknya membuang sampah di sembarang tempat. Bahkan tanaman yang ada di bawah payung rusak karena terinjak-injak.

Untuk mengatasi ini ia terpaksa memerintahkan petugas kebersihan agar segera membersihkan sampah-sampah yang ada di alun-alun, khsusunya yang berada di air mancur karena dapat merusak pemandangan. Ia berharap ke depan para pengunjung Banten Lama dapat lebih menjaga tempat ziarah sekaligus tempat wisata ini agar lebih bersih sehingga enak dipandang mata.

Ketua Kenadziran Banten Lama Tb Abbas Wasee mengungkapkan bahwa ia kerap mengeluh mengenai perilaku pengunjung Banten Lama yang buang sampah sembarangan. Padahal di setiap sudut ada tempat sampah yang sudah disediakan.Perilaku jorok ini sudah beralngsung sejak Banten Lama belum direvitalisasi. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook