Paket Wisata Lokal Digarap Travel Jakarta

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Rabu, 12 Juni 2019 - 14:55:04 WIB   |  dibaca: 101 kali
Paket Wisata Lokal Digarap Travel Jakarta

PERMAINAN: Pengunjung menikmati salah satu fasilitas permainan yang tersedia di Pulau Tiga.

SERANG- Kota Serang sesungguhnya memiliki objek wisata yang bisa dijual kepada wisatawan, baik dari Banten maupun luar Banten. Sayang potensi ini tidak banyak digarap oleh pengusaha travel yang ada di Serang. Malah, travel dari Jakarta yang banyak menggarap sektor ini.

Kepala Seksi Pengembangan Destinasi dan Objek Daya Tarik Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang Toto Suharto menceritakan, ia pernah sengaja ikut dalam paket wisata murah ke Pulau Tiga yang dekat dengan Karangantu dengan menggunakan jasa travel asal Jakarta. Travel itu mematok harga Rp 350.000 per orang. Wisatawan akan berada di pulau selama dua hari satu malam.

Selama menjalani wisata itu ia mengaku tidak ada yang istimewa. Semua wisatawan diminta berkumpul di Tugu Patung Debus Kemang lalu menggunakan mobil berangkat menuju Karangantu. Dari sana travel menyewa perahu ke pulau. Setiba di pulau disambut dengan makan siang yang sudah disediakan pengelola pulau. Setelahnya peserta dipersilakan melakukan snorkling sepuasnya lalu ditutup dengan makan rujak. “Rujak biasa yang ngulek juga orang situnya,” kata Toto, Selasa (11/6).

Karena paket murah, maka peserta wisata tidur berbarengan dengan yang lain. Esok siangnya wisatawan sudah kembali pulang. Dari usaha semacam itu, pengelola travel mengaku mengantongi untung Rp 50.000 per orang. Jumlah ini cukup besar untuk sebuah paket tur sederhana.

Toto mengatakan bahwa pengelola tempat wisata, misalkan Kelompok Sadar Wisata Kampung Wisata Pancer di Karangantu, sebenarnya bisa membuat paket wisata semacam ini. Apalagi salah satu anggota kelompok itu merupakan anak buah kapal, sehingga ongkos perahu bisa lebih murah. Sayang ide itu sampai saat ini belum digarap serius oleh mereka. Malah travel dari Jakarta yang banyak menggarap paket wisata semacam ini.

Kepala Seksi Bina Usaha dan Sumber Daya Pariwisata pada Disparpora Kota Serang Bambang Karman mengatakan bahwa agar travel di Kota Serang mau menggarap wisata di lokal maka pihaknya akan menggelar bimbingan teknis untuk biro perjalanan wisata/travel. Bimtek ini diharapkan dapat membuka mata dan mengarahkan agar travel wisata mau menggarap wisata lokal.“Selama ini travel di kita lebih banyak menjual wisata di luar Banten untuk orang Banten sendiri,” katanya.

Selain pengelola travel, bimtek juga akan dihadiri Kelompok Sadar Wisata yang sudah ada di Kota Serang, sehingga mereka bisa membuat paket wisata di daerah mereka masing-masing. Bambang mengakui selama ini travel di Kota Serang kurang mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Kota Serang. Padahal, ada banyak destinasi yang bisa dijual, di antaranya 3 kampung wisata rintisan yang sudah diresmikan Pemkot Serang.“Jadi wisata di Kota Serang bukan hanya Banten Lama,” katanya. (tohir)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook