Dindikbud Banten Gencar Sosialiasi PPDB

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 12 Juni 2019 - 15:33:35 WIB   |  dibaca: 243 kali
Dindikbud Banten Gencar Sosialiasi PPDB

OPERATOR: Sejumlah operator sekolah nampak serius mendengarkan sosialisasi penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019/2020, Selasa (11/6).

SERANG - Maraknya informasi di media sosial mengenai penerimaan peserta didik baru (PPDB) rupanya menjadi perhatian serius Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten. Salah satu yang dilakukan adalah dengan menggalakkan sosialiasi mengenai PPDB.

Menurut Kepala Dindikbud Banten, E. Kosasih Samanhudi, sosialiasi mengenai PPDB dilakukan secara road show kepada operator sekolah penyelenggara PPDB. Ia mengaku sudah melakukan sosialisasi di lima kabupaten/kota se-Banten dan dalam waktu dekat akan road show ke wilayah Tangerang Raya.

Selain melakukan sosialisasi ke sekolah, lanjut Kepala Dindikbud Banten, pihaknya juga memanfaatkan media sosial (Youtube) sebagai sarana sosialisasi. "Tentunya kami juga meminta peran serta rekan-rekan media untuk bisa membantu melakukan publikasi. Kami juga akan membuat spanduk yang dipasang di sekolah-sekolah," kata Kosasih kepada Banten Raya, kemarin.

Ia kembali menegaskan, bahwa jalur zonasi tidak dilihat dari asal SMP dan MTs, namun domisili orangtua calon peserta didik baru. Pada PPDB tahun ini lebih mengkedepankan peran sekolah yang pro aktif dalam melakukan pendataan terhadap calon peserta didik baru.

Dengan demikian, lanjutnya, calon peserta didik baru akan lebih mudah melakukan proses pendaftaran ke sekolah yang dituju. "Silakan masyarakat datang ke Dindikbud Banten untuk meminta informasi yang lebih jelas dan bisa dipertanggungjawabkan terkait PPDB ini," ungkapnya.

Senada disampaikan Panitia PPDB 2019, Rudi Prihadi, untuk proses pendaftaran, orangtua calon peserta didik baru bisa mengunjungi laman ppdb.namasekolah.sch.id, kemudian tampilan website tersebut tersedia beberapa kanal, yaitu Beranda, Jadwal, Informasi pendaftaranpengumuman hasil seleksi dan pengaduan.

"Di kanal beranda ada tampilan jumlah kuota, jumlah rombongan belajar dan tiga jlaur masuk yaitu jalur zonasi yang memiliki 90 persen dari jumlah kuota, prestasi 5 persen kuota, dan perpindahan orangtua 5 persen. Pada ketiga menu tersebut juga dilengkapi dengan info, cetak formulir, data sementara pendaftar dan data hasil penetapan PPDB," ungkap Rudi menjelaskan.

Masih dijelaskan Rudi, orangtua calon peserta didik, kemudian tinggal mencetak formulir pendaftaran yang kemudian diserahkan kepada sekolah yang dituju setelahnya melakukan pengisian."Nanti pihak sekolah dalam hal ini operator yang akan melakukan input pendaftaran peserta didik baru. Peserta didik yang memiliki zonasi rumah paling dekat dari sekolah yang memiliki peluang diterima di sekolah yang dituju," tutupnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook