Pasca Lebaran, Sampah Liar Menjamur

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Rabu, 12 Juni 2019 - 15:46:29 WIB   |  dibaca: 248 kali
Pasca Lebaran, Sampah Liar Menjamur

GANGGU PEMANDANGAN: Tumpukan sampah liar di Jalan Raya Serdang-Waringin Kurung mengurangi kenyamanan dan berpotensi mengganggu kesehatan, Selasa (11/6).

SERANG – Sampah liar yang dibuang masyarakat di sisi-sisi jalan semakin menjamur. Pasca lebaran, di beberapa kecamatan jumlah titik sampah liar terus bertambah. Adapun banyaknya sampah liar tersebut selain karena minimnya fasilitas tempat pengelolaan sampah sementara (TPS), juga karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

Kepala Bidang (Bidang) Persampahan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang Toto Mujianto membenarkan titik sampah liar yang berada di sisi jalan dari hari ke hari jumlahnya terus bertambah. “Iya benar, pasca lebaran hasil pemantauan kami sampah liar semakin menumpuk dan banyak titiknya,” kata Toto tanpa menyebutkan jumlahnya, Selasa (11/6).

Ia menjelaskan, pihaknya telah melakukan sosialiasi kepada masyarakat melalui desa-desa dan kecamatan agar tidak membuang sampah sembarangan terutama di sisi jalan karena dapat mengganggu pemandangan dan kesehatan. “Bahkan pada titik-titik yang sudah ada sampah liarnya kita pasangi spanduk larangan membuang sampah namun kesadaran masyarakat masih rendah,” ujarnya.

Toto menuturkan, banyaknya masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sisi jalan karena karena di desa-desa dan kecamatan-kecamatan tidak memiliki TPS. “Kita kesulitan untuk membuat TPS karena masyarakat selalu menolak. Untuk sampah liar tetap kita angkut walaupun banyak keterbatasan. Sampah liar banyaknya dibuang masyarkat umum, ada juga warga perumahan,” paparnya.

Untuk menekan banyaknya jumlah sampah liar tersebut, selain melakukan pengangkutan, pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Untuk penanganan sampah ini kan ada tujuh kecamatan yang diberi kewenangan, makanya kita dorong kecamatan untuk terus melakukan sosialisasi dan membuat pengumuman,” tuturnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook