Dindikbud Banten akan Pidanakan Kecurangan PPDB

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Rabu, 12 Juni 2019 - 15:53:21 WIB   |  dibaca: 314 kali
Dindikbud Banten akan Pidanakan Kecurangan PPDB

OPTIMISTIS LANCAR : Suasana pertemuan antara Dindikbud Banten dengan operator SMAN, SMKN dan SKh Negeri se-Kota Cilegon dalam rangka persiapan PPDB 2019 di SMAN 1 Kota Cilegon, Selasa (11/6).

SERANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten terus mematangkan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK yang akan dimulai 17 Juni pekan depan.Kemarin, Dindikbud Banten menggelar pertemuan dengan operator SMAN, SMKN dan SKh Negeri se-Kota Cilegon di SMAN 1 Kota Cilegon.

Kepala Bidang (Kabid) SMA pada Dindikbud Banten Rudi Prihadi mengatakan, PPDB kali ini acuannya tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) 51 tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru.“Tahun ini servernya tidak lagi terpusat di kami, namun calon siswa bisa langsung mendaftar ke website sekolah yang dituju,” katanya ditemui di SMA Negeri 1 Cilegon, kemarin.

Rudi menjelaskan, SMA/SMK negeri di Kota Cilegon 100 persen telah memiliki website dan ini memudahkan proses pendaftaran untuk menghindari website yang sulit diakses seperti tahun lalu. "Pada 2019 ini, ada sekitar 130.000 lulusan SMP sederajat, namun daya tampung SMA/SMK negeri hanya sekitar 70.000 ribu saja.

Sehingga, sisanya tetap ada yang ke swasta. Solusi yang terus kami lakukan untuk menambah daya tampung siswa-siswi SMA/SMK negeri yaitu pembangunan ruang kelas baru yang saat ini terus dilakukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, sistem zonasi adalah bentuk pemerataan pendidikan. Misalkan, ada orang yang kurang mampu tetapi rumahnya berdekatan dengan sekolah negeri favorit, mau tidak mau harus diterima. “Jika secara jarak berdekatan, sekolah tidak bisa menolak siswa dengan alasan apapun,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan kepada para guru untuk tidak menjadikan PPDB sebagai ladang bisnis. Bahkan, ia siap menindak tegas oknum yang melakukan kecurangan dalam PPDB SMA/SMK. “Bisa saja sanksinya pidana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 3 Cilegon Asep Mansur mengatakan, lokasi SMA Negeri 3 Cilegon berada di dekat perbatasan dengan Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang. Sehingga, SMAN 3 Cilegon sejak dulu banyak memiliki siswa dari luar Cilegon khususnya dari Kecamatan Mancak dan Waringinkurung, Kabupaten Serang. “Dengan zonasi sekarang warga luar Cilegon tidak mudah untuk sekolah di SMAN 3 Cilegon. Tapi, tetap masih ada kesempatan kami untuk menerima siswa dari luar Cilegon,” kata Asep.

Asep yang juga menjabat sebagai Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA di Kota Cilegon mengatakan, saat ini persiapan PPDB online sudah pada tahap install aplikasi pendaftaran. Ia memastikan, pembukaan pendaftaran dilakukan pada 17-22 Juni 2019. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dindikbud (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) Provinsi Banten.

Pendaftaran pada PPDB kali ini calon siswa langsung mendaftar ke website masing-masing sekolah yang dituju, ini untuk menghindari crowdednya server jika terpusat ke Dindikbud seperti tahun lalu,” ujarnya. (gillang)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook