Pemudik Masih Berdatangan

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 11:19:54 WIB   |  dibaca: 134 kali
Pemudik Masih Berdatangan

DATANG : Penumpang turun dari bus AKAP di Terminal Seruni Kota Cilegon, Rabu (12/6).

CILEGON - Arus balik Lebaran 2019 tampaknya masih akan terus berlanjut hingga beberapa hari ke depan, sebab saat ini beberapa sekolah memang masih libur sebelum tahun ajaran baru 2019-2020 dimulai.Saat arus balik Lebaran 2019 sejak H+1 sampai H+7 Lebaran, sudah ada 10.296 penumpang turun di Terminal Seruni Kota Cilegon.

Pantauan Banten Raya, Rabu (12/6) pagi, sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dari berbagai kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) tiba di Kota Cilegon dengan membawa banyak penumpang. Bus-bus yang membawa pemudik kembali lagi ke Cilegon tiba sekitar pukul 04.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Sebagian besar pemudik yang kembali lagi ke Cilegon berasal dari kota-kota besar, seperti Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Bandung.

Data yang diperoleh Banten Raya dari Terminal Seruni, ada 10.296 penumpang tiba selama arus balik dari H+1 hingga H+7 Lebaran. Penumpang tersebut diangkut oleh 225 bus. Sementara itu, penumpang yang naik dari Terminal Seruni hanya 2.700 penumpang.

Kepala Terminal Seruni, Robby Hidayat, mengatakan, Terminal Seruni saat ini masih ramai oleh pemudik, terutama dari kota-kota di Jateng dan Jatim. “Bus yang datang dari kota-kota di Jateng dan Jatim tiba saat pagi hari. Saat itu ramai,” kata Robby ditemui di Kantor Terminal Seruni, kemarin.

Robby menjelaskan, penumpang yang turun di Terminal Seruni rata-rata warga Kota Cilegon, dan sebagian Kabupaten Serang yang baru mudik dari kampung halaman. Para penumpang turun di Terminal Seruni, untuk kemudian melanjutkan perjalanan lagi menggunakan angkutan kota (Angkot) maupun bus Trans Cilegon. “Penumpang yang turun di Seruni, biasanya pada naik angkot, ada yang dijemput, ada yang naik taksi, dan beberapa naik bus Trans Cilegon, terutama yang tujuan Anyer. Jadi kehadiran Trans Cilegon juga membantu,” ujarnya.

Secara kasat mata, kata Robby, penumpang bus ada kenaikan baik arus mudik maupun balik melalui Terminal Seruni. Namun, Ia tidak mendata arus mudik dan balik 2018 lalu. Peningkatan penumpang bus disinyalir lantaran mahalnya tiket pesawat. “Tiket pesawat, mahal jadi kemungkinan pemudik milih menggunakan bus. Saya tanya ke beberapa perwakilan bus, juga mengalami peningkatan penumpang,” akunya.

Salah satu pemilik agen bus di Terminal Seruni, Supriatin mengatakan, jika penumpang sebagian sudah kembali dari kampung halaman ke Cilegon. Beberapa waktu lalu bus yang membawa pemudik balik ke Cilegon ada yang mengalami keterlambatan akibat kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek. “Namun saat ini sudah normal,” jelasnya.

Sementara itu dari Pelabuhan Merak, General Manajer PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Solikin mengatakan, hari ini rencana hari terakhir posko arus mudik dan balik di Pelabuhan Merak. Dalam arus mudik dan balik secara umum berjalan lancar. “Adanya antrean saat arus balik, tidak terlalu panjang di sekitar fly over Pelabuhan Merak saja,” katanya kepada Banten Raya.

Data dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, hingga 11 Juni 2019, sudah ada 109.684 penumpang dari 127.992 penumpang yang balik dari total pemudik menaiki kapal dengan jalan kaki. Jumlah kendaraan yang sudah balik ke Pulau Jawa dari 155.134 kendaraan dari 193.701 kendaraan yang mudik. Total penumpang pejalan kaki dan penumpang kendaraan pemudik 902.678 dan yang balik 716.865 orang. (gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook