Daya Tampung SMP Negeri 2.336 Siswa

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 11:26:49 WIB   |  dibaca: 196 kali
Daya Tampung SMP Negeri 2.336 Siswa

SOSIALISASI : Sosialisasi dan pelatihan operator PPDB online SMP yang digelar Dindik Cilegon di Aula Dindik Cilegon, Rabu (12/6).

CILEGON - Lulusan sekolah dasar (SD) di Kota Cilegon tahun ini diperkirakan mencapai 4.700 siswa. Sementara daya tampung sekolah menengah pertama (SMP) negeri hanya 2.336 siswa. Dinas Pendidikan (Dindik) Cilegon menyarankan calon siswa yang tidak tertampung di SMP negeri agar mendaftar ke SMP swasta atau lembaga pendidikan lainnya.Berdasarkan data yang dihimpun Banten Raya, ada 11 SMP negeri dari total 42 SMP di Kota Cilegon. Dari 11 SMP negeri itu, hanya dapat menampung 2.336 siswa.

Kepala Bidang SMP pada Dindik Kota Cilegon, Suhendi mengatakan, jika ada yang tidak tertampung di SMP Negeri bisa ke swasta atau lembaga pendidikan lainnya, seperti pesantren.
Suhendi mengatakan, pihaknya mengutamakan siswa dari dalam Kota Cilegon, karena menggunakan sistem zonasi.

“Jarak rumah dengan sekolah menjadi penentu utama siswa diterima atau tidak. Jika seperti SMP 9, 10, dan 4 yang berada di dekat perbatasan Kabupaten Serang, kami juga masih menerima kuota dari Kabupaten Serang dengan kuota 10 persen. Kita juga sudah kerjasama dengan Kabupaten Serang. Tapi, biasanya juga ada yang kuota zonasinya tidak terpenuhi bisa ambil siswa-siswi dari luar Cilegon,” terangnya di Kantor Dindik Cilegon, kemarin.

Suhendi juga mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online untuk SMP negeri dengan baik. Ia berharap tidak ada kendala dalam pelaksanaan PPDB yang akan berlangsung 18 hingga 20 Juni 2019 itu. “Pekan depan sudah kita buka PPDB. Bagi siswa yang mau mendaftar bisa lewat komputer pribadi atau ke sekolah yang dituju untuk dibantu oleh operator kami,” katanya.

Zonasi PPDB Dibagi Tiga
Kepala Dindik Kota Cilegon, Muhtar Gojali mengatakan, PPDB online saat ini sudah disiapkan. Operator server PPDB di masing-masing sekolah negeri telah mendapat pelatihan dari Dindik Cilegon bekerjasama dengan PT Telkom, beberapa waktu lalu.“Kami terus meningkatkan kesiapan untuk PPDB Online agar tidak offline seperti tahun lalu,” kata Muhtar kepada Banten Raya, Rabu (12/6).

PPDB Online 2019, kata Muhtar, akan dibagi ke dalam tiga zonasi. Zonasi I meliputi Kecamatan Cibeber, Cilegon, Jombang, sebagian Citangkil, dan sebagian Purwakarta. Zona II meliputi sebagian Citangkil dan Ciwandan. Zona III Grogol, Pulomerak, dan sebagian Purwakarta. “Jadi nanti kita terapkan sistem zonasi, yaitu 90 persen kuotanya, 5 persen kuotanya untuk jalur prestasi, dan 5 persen pindah tugas,” paparnya.

Ia menambahkan, pendaftaran calon siswa-siswi SMP bisa dilakukan ke website ppdb.cilegon.go.id. Calon siswa-siswi tinggal menyiapkan soft copy persyaratan, seperti ijazah SD, akta kelahiran, foto, dan lainnya untuk diunggah. “Kami sudah siapkan semua, jika mau daftar sendiri dengan komputer atau telepon pintar boleh ke sekolah yang dituju, juga kita siapkan petugasnya,” ujarnya.(gillang)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook