Libur Lebaran, Okupansi Marbella Anyer Capai 61 Persen

nurul roudhoh   |   Bisnis  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 11:35:30 WIB   |  dibaca: 186 kali
Libur Lebaran, Okupansi Marbella Anyer Capai 61 Persen

MEWAH: Sejumlah pengunjung atau wisatawan menikmati fasilitas kolam renang Marbella Hotel, Convention and Spa, Anyer.

SERANG - Marbella Hotel, Convention and Spa, Anyer turut menikmati keberkahan libur lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 hijriah dengan meraih tingkat hunian kamar hotel (occupancy rate) sebesar 61 persen.

Director of Sales & Marketing Marbella Hotel, Convention and Spa Anyer Iin Adhijanto mengungkapkan, kendati cukup positif, tingkat hunian kamar hotelnya pada periode lebaran ini tidak secerah tahun sebelumnya.“Selama lebaran tahun ini average (rata-rata) 61 persen dari total kamar 300 unit. Tahun ini ada penurunan dibanding tahun lalu kami yang mencapai 98 persen,” kata Iin Adhijanto kepada Banten Raya, Rabu (12/6).

Bahkan kata dia, tingkat hunian kamar hotel selama Ramadhan juga ikut terkoreksi dengan angka rata-rata hanya  11 persen  dari total kamar 300 unit.“Kalo kita compare data tahun lalu dan tahun ini, Marbella mengalami penurunan sekitar 39 persen,” katanya.

Pihaknya menganalisa, menurunnya kunjungan wisatawan ke Anyer, khususnya ke Marbela Anyer salah satunya imbas dari musibah tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu.“Ada kemungkinan disebabkan faktor pasca bencana tsunami di Tanjung Lesung, Anyer terkena dampak dari bulan Januari sampai periode lebaran occupancy hotel-hotel di Anyer mengalami penurunan yang signifikan,” jelasnya.

Akibatnya, kata dia kunjungan wisatawan membatalkan liburan ke kawasan pantai Anyer dan daerah sekitarnya.“Analisa kami sementara tourist yang ke Anyer mengalami penurunan,  ini bisa kita lihat juga dari jalanan menuju daerah wisata Anyer dari tahun-tahun sebelumnya selalu padat bahkan diberlakukan sistem buka tutup.  Tetapi tahun ini tidak,” ungkapnya.

Kendati demikian tambah dia, tidak semua hotel  di kawasan Pantai Anyer mengalami penurunan.“Untuk beberapa hotel yang jumlah kamarnya dibawah Marbella Anyer seperti Aston,  Jayakarta dan Mambruk selama lebaran occupancy mereka relatif tinggi bahkan bisa 100 persen. Tapi untuk Marbella yang total kamarnya 300 unit,  belum bisa mencapai occupancy maksimal,” pungkasnya. (ismet)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook