Dua Mesin Cetak KTPE Rusak

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 11:48:16 WIB   |  dibaca: 227 kali
Dua Mesin Cetak KTPE Rusak

ANTRE: Puluhan warga mengantre pelayanan kependudukan di kantor Disdukcapil Lebak, Rabu (12/6).

RANGKASBITUNG- Sebanyak dua unit mesin cetak KTPE (kartu tanda penduduk elektronik) milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lebak rusak berat. Dua alat tersebut tidak dapat lagi digunakan untuk melakukan pencetakan KTPE.

"Saat ini mesin cetak KTP yang rusak sedang diperbaiki di Jakarta. Tadi dibawa sama Pak Sekdis (Plt Sekretaris Disdukcapil Ahmad Nur) ," kata Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil Kabupaten Lebak Oman Nurohman di ruang kerjanya, Rabu (12/6).

Oman menjelaskan, selain memperbaiki alat, tujuan ke Jakarta untuk berupaya melakukan pengambilan blanko KTPE di Dirjen Dukcapil. Soalnya blanko KTPE sudah kosong."Kosongnya dari bulan puasa lalu hingga sekarang. Adapun warga yang membutuhkan pelayanan kita buatkan suket (surat keterangan) domisili sementara, sampai menunggu blanko kembali tersedia," katanya.

Sementara itu, Plt Sekdis Dukcapil Ahmad Nur saat dikonfirmasi Banten Raya membenarkan tengah memperbaiki alat cetak KTPE. "Ya sebanyak dua alat yang diperbaiki. Sambil coba ke dirjen, siapa tau masih ada blanko yang bisa dibawa, sekali pun infonya mah kosong tapi kita mau coba ikhtiar," katanya.

Ahmad Nur mengungkapkan, pihaknya berupaya keras agar pulang dapat membawa blanko KTPE, sebab masyarakat sudah menunggu. "Namun itu tadi terkait blanko KTP yang menyediakan dirjen kemendagri. Jadi ketersediaannya bergantung ke pusat," katanya.

Kepala Seksi Sistem Administrasi Kependudukan Najiyullah menuturkan, jumlah mesin cetak KTPE yang dimiliki ada delapan unit. "Dari delapan itu, enam unit yang bisa dioperasikan. Sementara dua unit lagi rusak karena dioperasikan terus menerus, dari pagi bahkan sampai malam untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Riki warga Lebak berharap blanko KTPE segera datang. "Soalnya pengen segera miliki KTPE untuk kebutuhan melamar kerja. Kalau pakai suket ya merasa kurang puas aja sekalipun bikinnya cepet dan mudah tapi bisa dibilang dua kali pekerjaan," katanya. (purnama)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook