Nasib SSA di Tangan Gubernur

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 12:14:05 WIB   |  dibaca: 45 kali
Nasib SSA di Tangan Gubernur

TUNGGU GUBERNUR: Pengendara motor melintas di Jalan Yumaga, Kota Serang pada uji coba sistem satu arah (SSA) belum lama ini. Penerapan program SSA ini menunggu keputusan gubernur.

SERANG- Nasib pelaksanaan sistem satu arah (SSA) di Kota Serang saat ini berada di tangan Gubernur Banten Wahidin Halim (WH). Bila gubernur menyetujuinya, maka SSA dapat segera diterapkan secara permanen di Kota Serang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banten Tri Nurtopo mengatakan bahwa setelah menunggu selama satu bulan, rekomendasi SSA akhirnya selesai dibahas dalam rapat bersama dengan sejumlah instansi terkait di Provinsi Banten. Penerapan SSA secara permanen telah mendapatkan persetujuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. “Tapi akan kami sampaikan dulu ke Pak Gubernur,” kata Tri, Rabu (12/6).

Tri menyatakan bahwa rekomendasi SSA telah selesai dibahas dalam rapat bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Banten. Sebab ada median jalan yang harus dibongkar dan itu merupakan kewenangan dari DPU Provinsi Banten. Meski demikian, karena ada beberapa poin penting yang harus disampaikan kepada Gubernur, maka hasil rapat itu akan disampaikan terlebih dahulu kepada Gubernur."Jadi tinggal disetujui oleh Pak Gubernur," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Tri meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Serang bersabar dengan proses ini. Sehingga diharapkan rekomendasi dari Gubernur Banten terkait penerapan SSA secara permanen segera terbit."Kami minta waktu sebentar lagi untuk lapor ke Pak Gubernur Banten agar rekomendasi SSA bisa segera diterbitkan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Serang Maman Luthfi mengatakan bahwa saat ini Pemkot Serang sudah siap menerbitkan Peraturan Walikota tentang sistem satu arah. Adanya payung hukum ini berguna agar pelaksanaan SSA tidak menabrak aturan apalagi bila sampai tidak memiliki pijakan hukum.

Maman menyatakan bahwa saat ini Pemkot Serang hanya tinggal nunggu rekomendasi dari Pemprov Banten dan kementerian perhubungan RI. Persetujuan dari Pemprov Banten dan pemerintah pusat ini penting ada selain sebagai pijakan hukum juga karena ada dua ruas jalan yang akan diterapkan SSA merupakan kewenangan Pemprov Banten dan pemerintah pusat.“Forum Lalu Lintas Kota Serang sudah siap untuk menjalankan program SSA secara permanen tanpa uji coba lagi," ujarnya. (tohir)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar



Masukan 6 kode diatas :
huruf tidak ke baca? klik disini refresh



Komentar Facebook