Pencetakan KTPel Dibatasi Hanya 100 Orang

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 14:06:31 WIB   |  dibaca: 227 kali
Pencetakan KTPel Dibatasi Hanya 100 Orang

MENGANTRE: Ratusan masyarakat dari berbagai kecamatan mengantre di kantor disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan, Rabu (12/6).

SERANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang saat ini hanya mampu melayani pencetakan KTPel untuk 100 orang. Padahal, permohonan pencetakan KTPel pasca lebaran dalam sehari bisa mencapai lebih dari 200 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Administrasi Kependudukan (Adminduk) Disdukcapil Kabupaten Serang Mujtahidi mengatakan, masyarakat yang mengurus administrasi kependudukan di disdukcapil tidak pernah sepi. “Untuk masyarakat yang mengurus administrasi pasca lebaran ini lumayan banyak, di antaranya yang mengurus perpindahan dan membuat KTPel baru,” kata Mujtahidi, Rabu (12/6).

Namun untuk pencetakan KTPel, Mujtahidi mengungkapkan, pihaknya mendahulukan warga yang membutuhkan karena mendesak seperti untuk pengurusan administrasi di rumah sakit dan lainnya. “Sekarang ini kita batasi hanya 100 per hari untuk pencetakan KTPel karena blangkonya terbatas. Kalau sebelum pemilu kita banyak dikirim blangko tapi setelah pemilu justru berkurang,” ujarnya.

Untuk menutupi kekurangan blangko tersebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mendapatkan blangko. “Kalau yang minta KTPelnya dicetak sehari lebih dari 200 orang. Kadang kasian juga mereka jauh-jauh ke datang ke sini tapi enggak hasil, makanya kita selalu mengarahkan agar membuatnya di UPT saja,” tuturnya.

Sedangkan untuk perekaman, lanjutnya, pihaknya tidak pernah melakukan pembatasan selama masih jam kerja, sehingga masyarakat merasa mendapat pelayanan yang baik. “Untuk di luar pencetakan KTPel seperti perekaman, pembuatan KK (kartu keluarga), akta kelahiran, dan lainnya kita layani semaksimal mungkin,” katanya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook