Pemkab Kewalahan Atasi PKL Ciruas

nurul roudhoh   |   Serang Raya  |   Kamis, 13 Juni 2019 - 14:07:40 WIB   |  dibaca: 287 kali
Pemkab Kewalahan Atasi PKL Ciruas

MENJAMUR KEMBALI : Para PKL di Pasar Ciruas mulai merangsek kembali ke badan jalan setelah dilakukan penertiban beberapa waktu lalu, Rabu (12/6).

SERANG - Upaya Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang ada di depan Pasar Ciruas tidak berjalan mulus. Pasalnya, setelah beberapa waktu lalu ditertibkan, para PKL kembali merangsek ke badan jalan.

“Jadi persoalan PKL itu bukan hanya urusan Satpol PP, tetapi bagaimana peran diskoperindag?, karena kalau melihat contoh di Pasar Ciruas itu mestinya pemda menyiapkan lahan untuk PKL, jadi ada action ada solusi,” ujar Kepala Bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang Hanafi, Rabu (12/6).

Ia menjelaskan, penertiban PKL yang dilakukan di Pasar Ciruas beberapa waktu lalu tidak dapat dikatakan berhasil sepenuhnya karena tidak menimbulkan efek jera kepada para PKL yang kembali berjualan di badan jalan. “Saya sering diskusi dengan kepala bidang UMKM, bidang perdagangan, dalam rapat rapat sering saya sampaikan. Secara umum seperti di Ciruas itu memang ada keberhasilan pemda, tetapi sedikit sekali,” katanya.

Terpisah, Kepala Diskoperindag Kabupaten Seran?g Abdul Wahid mengakui bahwa untuk mengatasi persoalan PKL harus ada solusi yang konkrit. “Solusinya memang pasarnya harus dibangun, misalkan, Padarincang tentu pasarnya harus luas, makanya? Pasar Padarincang dibangun lagi untuk mengantisipasi PKL berjualan di sisi jalan,” tuturnya.

Sedangkan terkait dengan PKL yang ada di Pasar Ciruas, Wahid mengatakan, pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena itu pasar milik swasta. “Kewenangannya ada di orang pasar di Ciruasnya, pengusahanya, adapun kita, Pol PP kewajibannya merapikan mereka, karena berjualan di jalan, dan mengganggu ketertiban umum?,” ujarnya. (tanjung)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook