100 Pelajar SMAN Cikande Dilantik Jadi Bantara

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 15 Juni 2019 - 11:28:22 WIB   |  dibaca: 317 kali
100 Pelajar SMAN Cikande Dilantik Jadi Bantara

SIAP: Suasana tes pengisian Syarat Kecakapan Umum (SKU) bagi calon Pramuka Bantara, kemarin.

Gerakan Pramuka Ambalan Abu Mufakir dan Nyi Mas Gamparan mengadakan kegiatan pelantikan Bantara, di Kampung Kalapa, Balaraja, Kabupaten Tangerang. Kegiatan rutin ini diikuti oleh sekitar 100 orang anggota Pramuka dari kelas X, yang terdiri dari 16 sangga.

Agenda utama dari kegiatan ini adalah pengisian buku SKU - Syarat Kecakapan Umum, dimana para calon Bantara mendapatkan serangkaian tes uji dari kakak-kakak Pramuka yang telah lebih dulu menjadi Bantara, ataupun kakak-kakak Pramuka dari dewan guru.

Pelantikannya sendiri dilakukan di SMA Negeri 1 Cikande, Kabupaten Serang Dalam amanatnya, Pembina Pramuka Pangkalan SMAN 1 Cikande, Kak Devriyanto menyampaikan bahwa sebagai Bantara harus selalu menjaga sikap, memiliki adab dan sopan santun kepada siapa pun.

"Kini, kalian telah menjadi Bantara tentu harus berperan aktif di setiap kegiatan Pramuka. Di Pramuka kita tidak membeda-bedakan junior senior, semua sama, belajar bersama-sama, berlatih dan menuntut ilmu bareng-bareng," katanya, kemarin.

Pembina yang kesehariannya sebagai guru mengampu mata pelajaran Geografi ini menambahkan, sebagai anggota Pramuka bukan berarti hanya wajib mengutamakan Pramuka, tetapi silakan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lain selama bisa membagi waktu. Seperti diketahui, Penegak Bantara merupakan tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak.

Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”. Sedangkan kata "Bantara" sendiri bersaal dari bahasa sansekerta yang berarti pengawal atau ajudan. (satibi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook