Banten Jadi Tuan Rumah Pertemuan Sastrawan Nasional

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Sabtu, 15 Juni 2019 - 11:33:02 WIB   |  dibaca: 355 kali
Banten Jadi Tuan Rumah Pertemuan Sastrawan Nasional

RAPAT: Ujang Rafiduin, Kepala Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Banten (berdiri) saat memberikan arahan dalam rapat persiapanpertemuan Sastra Mitra Praja Utama, kemarin.

SERANG - Rencananya Provinsi Banten akan menjadi tuan rumah Temu Sastra Mitra Praja Utama (MPU) ke XII, Tanggal 25 sampai dengan 27 Juni mendatang, di Hotel Marbela, Anyer, Serang.Menurut Ujang Rafiduin, Kepala Bidang Kebudayaan, pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, Provinsi Banten sudah kali ketiga menjadi tuan rumah Temu Sastra Mitra Praja Utama. Kebudayaan yang saat ini menjadi tanggungjawab Dindikbud Banten, tentunya kegiatan ini menjadi tanggungjawab Dindikbud Banten.

"Kegiatan ini dilakukan dua tahun sekali dengan tujuan menjalin silaturahmi para sastrawan se-Indonesia, dan melakukan kajan terhadap kondisi dan perkembangan sastra yang berada di Indonesia," kata Ujang kepada Banten Raya usai memimpin rapat persiapan kegiatan, di kantornya, Jumat (14/6).

Senada disampaikan Kepala Seksi Kesenian dan Bahasa pada Dindikbud Banten, Euis Rusmalina, Provinsi Banten sebagai tuan rumah merupakan hasil kesepakatan Temu Sastra Mitra Praja Utama ke XI di Lembang, Bandung, Jawa Barat dua tahun yang lalu.

Ia mengaku, kegiatan ini akan dihadiri sembilan provinsi yaitu Banten, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jogya, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Masing-masing provinsi akan mengirim enam sastrawan untuk mengikuti kegiatan Temu Sastra Mitra Praja Utama ini. "Dindikbud Banten sebagai instansi terkait akan mendukung kegiatan ini," katanya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, M. Alfaris, Pendamping Sastrawan Banten mengatakan, Temu Sastra Mitra Praja Utama kali pertama digagas oleh Provinsi Banten beberapa tahun yang lalu. Pertemuan dua tahunan sekali ini dilakukan secara bergilir dari satu provinsi ke provinsi lainnya yang masuk ke dalam Temu Sastra Mitra Praja Utama.

Ia menjelaskan, pertemuan tersebut akan membahas tentang kondisi, perkembangan dan kemajuan sastra, menampilkan sastra dalam bentuk pembacaa puisi dan kebijakan pemerintah dalam mendukung perkembangan sastra di tanah air.

"Oleh karena itu pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang membawahi sastra akan turut hadir dalam kegiatan ini. Dalam pertemuan tersebut, lanjutnya, juga akan membahas tentang pendidikan sastra," tutupnya.(satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook