Bawaslu Kabupaten/kota Dikumpulkan

nurul roudhoh   |   Metro Serang  |   Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:00:49 WIB   |  dibaca: 212 kali
Bawaslu Kabupaten/kota Dikumpulkan

FOKUS : Komisioner Bawaslu kabupaten/ kota menyimak arahan dari Bawaslu Banten dalam penyusunan keterangan PHP 2019 di Hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat (14/6).

SERANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Banten mengumpulkan seluruh Bawaslu kabupaten/kota di Banten di Hotel Le Dian, Kota Serang, Jumat hingga Sabtu (14-15/6). Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi perselisihan hasil pemilu (PHP) 2019 yang mulai disidangkan di Mahkamah Kontitusi (MK).  

Informasi yang dihimpun dari website MK di www.mkri.id, ada delapan parpol di Banten yang mengajukan gugatan. Kedelapan parpol yang mengajukan gugatan adalah PDIP, PAN, Golkar, Hanura, NasDem, Berkarya, PKB dan Demokrat. Total ada 10 gugatan yang diajukan.

Adapun rinciannya terdiri atas mereka yang mengajukan mengajukan gugatan untuk pileg DPRD Provinsi Banten yaitu NasDem dengan lokus gugatan hasil pileg DPR RI dan DPRD Kota Tangerang Selatan daerah pemilihan (dapil) 5. PDIP dengan lokus DPRD Kota Tangerang Selatan 1. PAN dengan lokus 5 kecamatan di Kabupaten Serang. Selanjutnya, Golkar dengan lokus dua Kecamatan di Kabupaten Tangerang.

Kemudian, Berkarya dengan lokus DPRD Banten untuk dapil Banten 2 dan 3 yang dipisah dalam dua gugatan. PKB lokus DPRD Banten dapil Banten 6. Hanura dengan lokus lima kecamatan di Pandeglang.

Demokrat untuk DPR RI Banten I dengan lokus Kabupaten Pandeglang. Satu gugatan lagi dilayangkan secara perseorangan atas nama Sanudin, caleg Demokrat DPRD Cilegon yang menggugat hasil pemilu untuk pileg DPRD Kota Cilegon.

Ketua Bawaslu Provinsi Banten Didih M Sudi mengatakan, agenda kemarin dan hari ini adalah bagian dari penyusunan keterangan. Persiapan yang dilakukan kali ini adalah terkait PHP pemilihan anggota legislatif (pileg).“Kalau untuk pilpres (pemilihan presiden) kami sudah menyelesaikan keterangan dan juga sudah disetor, Bawaslu RI pun sudah menyampaikan ke MK. Sekarang kita untuk pileg,” ujarnya.

Mantan komisioner KPU Provinsi Banten itu menuturkan, penyusunan keterangan untuk PHP pileg terbilang lebih kompleks ketimbang pilpres. Sebab, untuk pemilihan wakil rakyat memiliki komponen gugatan yang banyak.

“Kalau di pilpres kan kemarin lebih banyak kualitatif. Untuk pileg selain kuantitatif juga lokusnya disebutkan di mana. Nah ini kita ada 10 permohonan, makanya kita mempersiapkan untuk itu. Dalam konteks inilah kita mengumpulkan kabupaten/kota, bagaimana kira memberikan keterangan dan seterusnya,” katanya.  

Ia menjelaskan, dalam proses penanganan gugatan Bawaslu akan bertindak sebagai pihak pemberi keterangan. Sedangkan untuk pemohon adalah parpol penggugat dan termohon adalah KPU. Selain itu ada juga pihak terkait yaitu peserta pemilu lainnya.

“Jadi Bawaslu ini memberikan keterangan, kita tidak memberikan kesimpulan, tidak juga memberikan bukti dan juga memihak kepada KPU, tidak memihak kepada pemohon. Jadi kita hanya memberikan apa yang kita lakukan dalam proses pengawasan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkan Didih, soal jumlah gugatan ada kemungkinan jumlahnya akan berkurang. Ada potensi gugatan perseorangan dari caleg Demokrat disatukan ke gugatan parpol. “Ada 10 (gugatan), sembilan dari parpol dan satu dari caleg.

Nanti yang satu (gugatan dari caleg-red) itu apakah akan digabung dengan parpolnya atau dibiarkan terpisah, itu tergantung keputusan pendahuluan dari MK,” tutur mantan Ketua Komisi Transparansi dan Partisipasi Kabupaten Lebak ini.

Komisioner KPU Provinsi Banten Eka Satyalaksmana mengaku, pihaknya telah menginstruksikan kepada divisi hukum baik KPU provinsi maupun kabupaten/kota untuk selalu siaga. Memersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Eka mengungkapkan, untuk saat ini KPU Banten fokus menghadapi sengketa PHP pilpres. Sedangkan untuk sengketa pileg akan dilaksanakan setelah hasil PHP pilpres diumumkan. “Fokus dulu ke pilres, untuk pileg waktunya masih lama, sampai Juli,” ujarnya. (dewa)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook