556 Mahasiswa UIN Ikut Wisuda

nurul roudhoh   |   Pendidikan  |   Senin, 17 Juni 2019 - 14:16:27 WIB   |  dibaca: 256 kali
556 Mahasiswa UIN Ikut Wisuda

WISUDA : Rektor UIN SMH Banten Fauzul Iman memberi sambutan dalam sidang senat terbuka di aula kampus, kemarin.

SERANG - Universitas Islam Negeri (UIN) Banten menggelar sidang senat terbuka tahun ajaran 2018/2019, wisuda sarjana yang ke-26, dan Pascasarjana yang ke-16, diselenggarakan di Aula Sadjeli Hasan UIN Banten, Sabtu (15/6).

Kepala Bagian Akademik Ade Eman mengatakan, 556 wisudawan tersebut terdiri dari 491 lulusan sarjana dan 65 lulusan pascasarjana. "Untuk lulusan sarjana sebanyak 105 adalah wisudawan dan 386 wisudawati. Untuk lulusan pascasarjana sebanyak 40 wisudawan dan 25 wisudawati," ujarnya.

Diantara ratusan mahasiswa yang diwisuda, kata Ade, peraih predikat cumlaude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi tingkat universitas diraih oleh Azis Arifin dengan nilai 3,99 dari Program Studi (Prodi) Ilmu Hadits, Fakultas Ushuluddin dan Adab.

Disusul oleh Ayu Malinda, dengan IPK 3.85, dari Prodi Bimbingan Konseling Islam, peraih IPK tertinggi di Fakultas Dakwah. Kemudian Mirna Riswanti, dengan IPK 3.84, dari Prodi Hukum Keluarga Islam, IPK tertinggi di Fakultas Syariah. Serta Herlis Seftiyani, dengan IPK 3.74, dari jurusan Perbankan Syariah, peraih IPK tertinggi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Sementara itu, pada program pascasarjana, IPK tertinggi diraih oleh Bani Salamah dengan nilai 3,71 dari Prodi Ekonomi Syariah. "Kuota wisuda di UIN Banten setiap tahunnya meningkat. Pada 2018 disediakan 1590 kuota bagi pendaftar, sedangkan kali ini ada 2 ribu kuota yang akan diwisuda dalam dua gelombang.yaitu pada bulan Juni dan Desember. 1.000 kuota dibuka untuk bulan Juni dan 1.000 kuota lainnya dibuka untuk bulan Desember," ujarnya.

Ade Eman berharap, setelah diwisuda, para mahasiswa dapat meraih cita-cita sesuai dengan program studinya masing-masing. "Sebab pada saat mahasiswa masuk kejurusan yang ia pilih, maka ia pasti mempunyai harapan yang ia inginkan pada jurusan tersebut," ungkapnya.

Di lokasi yang sama, Rektor UIN Banten, Fauzul Iman mengatakan, lulusan saat ini adalah orang-orang yang terpilih, karena pihaknya membuka kuota 1.000 orang, akan tetapi yang diterima hanya 556 lulusan."Tahun ini merupakan tahun perubahan, selain UIN membuka prodi baru, kami juga banyak diminati oleh calon mahasiswa dan mahasiswi yang mencapai 9 ribu orang," tuturnya.

Lanjut Fauzul, pihaknya mengharapkan lulusan tahun ajaran ini dapat sebanding dengan kualitas dan kuantitas yang terdapat di lingkungan UIN. "Kalian adalah umat yang terpilih, seperti yang dicantumkan surat Ali Imron Ayat 110, sehingga mahasiswa dan mahasiswi UIN Banten dapat menjadi contoh, figur muslim dan muslimat yang bermartabat," ucapnya. (satibi)

 

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook