Kampung Wisata UMKM Didatangi Mahasiswa

nurul roudhoh   |   Metro Cilegon  |   Selasa, 18 Juni 2019 - 12:03:15 WIB   |  dibaca: 146 kali
Kampung Wisata UMKM Didatangi Mahasiswa

PENELITIAN : Sejumlah mahasiswa UIN SMH Banten, Kota Serang saat melakukan penelitian di Kampung Wisata UMKM, kemarin.

CILEGON – Kampung Wisata UMKM di Lingkungan Palas, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon didatangi sejumlah mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Kota Serang untuk penelitian. Dengan penelitian itu, Kampung Wisata UMKM diharapkan semakin dikenal dan maju.

Lurah Bendungan, Maman Herman menyatakan, pihaknya merasa senang jika Kampung UMKM selain dikunjungi oleh siswa sebagai tempat kunjungan, sekarang diteliti oleh mahasiswa. Diharapkan dengan hasil penelitian tersebut bisa menjadikan Kampung Wisata UMKM semakin berkembang.

“Sisi mananya yang diteliti kami tidak terlalu paham. Namun, kami harapkan hasil penelitiannya bisa menjadikan Kampung Wisata UMKM semakin berkembang dan maju,” katanya kepada Banten Raya, Senin (17/6).

Maman menyatakan, pihaknya juga merasa bangga jika salah satu kampungnya dijadikan tempat penelitian. Sebab, biasanya salah satu lingkungan yang ada hanya menjadi tempat untuk mahasiswa melakukan kerja lapangan saja.“Kalau KKM banyak, baik Untitra maupaun kampus lainnya. Namun dijadikan objek penelitian ini baru kali ini,” imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut Maman, Kampung Wisata UMKM juga sudah mendapatkan sejumlah penghargaan, salah satunya adalah dari Dinas Koperasi. Hal tersebut menunjukan berbagai pelaksanaan perekonomian mampu memberi efek baik untuk warga.

"Kampung ini sudah banyak bantuan dari seluruh pihak, sehingga keterlibatan pihak tersebut membuat Kampung Wisata UMKM mendapat berbagai penghargaan. Kami harap ini bisa terus mendapatkan respon positif oleh seluruh pihak, termasuk mahasiswa yang butuh untuk penelitian tugas akhirnya. "Semoga terus bermanfaat bagi semuanya. kami yakin dengan kebersamaan akan semakin baik lagi," singkatnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan dan Ketertiban Umum Kelurahan Bendungan, Nurul Hadiyati menjelaskan, di Kampung Wisata UMKM saat ini sudah ada 75 UMKM, yang sebagian besarnya merupakan perajin busa motif atau kasur.“Sejauh ini usaha warga semakin berkembang. Dengan adanya Kampung Wisata UMKM sudah banyak pengunjung lokal dan luar yang datang,” ungkapnya.

Kedepannya, kata Nurul, pelaku usaha harus semakin inovatif dalam mengelola produknya, sehingga bisa dikenal, bukan hanya kampungnya. Namun produk yang dijual juga berkualitas.“Kami promosikan sudah menjadi Kampung UMKM, sekarang ini tinggal para pelaku usaha untuk bisa kreatif dan inovatif, sehingga pengunjung semakin banyak,” imbuhnya. (uri)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook