Situ Palayangan Ditangani Tahun Depan

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 18 Juni 2019 - 13:48:56 WIB   |  dibaca: 121 kali
Situ Palayangan Ditangani Tahun Depan

DITANGANI: Seorang warga melihat debit air di Situ Palayangan yang semakin berkurang akibat pendangkalan, Senin (17/6).

RANGKASBITUNG- Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Banten tahun depan berencana menangani masalah pendangkalan Situ Palayangan. Untuk tahun ini, BBWSC3 melakukan penanganan untuk pendangkalan Situ Cijoro Bendungan, Desa Rangkasbitung Timur, Rangkasbitung.

Perwakilan BBWSC3 Banten Hanif membenarkan bila penanganan Situ Palayangan sudah diusulkan, sehingga diperkirakan tahun depan dapat direalisasikan. Dia berharap usulan disetujui karena memang kondisi air di Situ Palayangan sudah tidak bisa memenuhi lagi dapat mengairi area persawahan dengan normal."Air di Situ Palayangan memang masih ada, namun debitnya tidak terlalu melimpah, sehingga para petani mendambakan pendangkalannya segera ditangani," ujar Hanif, kemarin.

Menurutnya, bila benar usulan penanganannya direalisasikan, maka sekitar Mei tahun depan penanganan pendangkalannya baru bisa dilakukan. Oleh karena itu kepada para petani di sekitar Situ Palayangan diharapkannya untuk tetap bersabar. "Mudah-mudahan saja usulan penanganan pendangkalan Situ Palayangan bisa terealisasikan tahun depan," katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Lebak Dade Yanapriandi mengatakan, bila benar pendangkalan Situ Palayangan akan ditangani tahun depan, maka ratusan hektare sawah akan kembali produktif. "Selama air dari Situ Palayangan tidak bisa memenuhi air untuk persawahan, maka produktifitas padi itu sendiri akan terganggu. Makanya para petani pasti akan bersukur bila pendangkalan akan ditangani," kata Dade. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook