Tambang Emas Cimanyangray Diduga Tak Berizin

nurul roudhoh   |   Lebak  |   Selasa, 18 Juni 2019 - 13:59:23 WIB   |  dibaca: 455 kali
Tambang Emas Cimanyangray Diduga Tak Berizin

SIDAK: Anggota Satpol PP saat menyambangi saung tempat pengolahan tambang emas di lingkungan tambang emas Cimanyangray, Gunungkencana, belum lama ini.

RANGKASBITUNG- Lokasi pertambangan emas di Desa Cimanyangray, Kecamatan Gunungkencana dilaporkan ke Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Provinsi Banten. Hal itu terpaksa dilakukan pihak Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak karena dari hasil pemeriksaan langsung di lokasi pertambangan emas tersebut, diduga kuat pengelolanya belum mengantongi izin resmi dar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Selain tidak memiliki izin, limbah pengolahan emasnya pun dibuang ke Sungai Ciliman. Padahal air sungai tersebut masih digunakan masyarakat, sehingga pencemarannya mampu mengancam kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Satpol PP Lebak Dartim kepada Banten Raya mengungkapkan, awalnya ada informasi yang diterimanya dari masyarakat bahwa di sekitar Desa Cimanyangray terdapat pertambangan emas yang diduga tidak memiliki izin. Lalu untuk megetahui kebenaran informasi tersebut, anggotanya melakukan investigasi ke desa tersebut."Saat kami datangi ternyata informasi tersebut benar adanya. Anehnya saat tiba di lokasi pertambangan emas, seluruh pekerjanya kocar-kacir menghindari kedatangan anggota kami," ujar Dartim, kemarin.

Ditambahkannya, untuk memastikan bahwa lokasi penambangan emas tersebut tidak berizin, maka pihaknya telah menugaskan bidang penegakan perundang-undangan daerah pada dinasnya untuk membuat surat resmi pelaporan kepada Distamben Banten tentang keberadaan lokasi penambangan emas tersebut. "Setelah kami laporkan, maka Distamben yang memiliki kewenangan untuk menindaklanjutinya," terangnya.

Terpisah, Kepala Bidang Penegakan Perundang-Undangan Daerah pada Dinas Satpol PP Lebak Tati Suryati mengatakan, pihaknya telah membuat surat laporannya yang kini telah dilayangkan ke Distamben Banten. Semoga pasca pelaporannya, pihak Distamben segera turun ke lapangan untuk melihat langsung lokasi pertambangan emasnya. "Kami sudah mendatangi lokasinya secara langsung, dan kami pun menduga kuat lokasi penambangan emas tersebut tidak berizin," kata Tati Suryati. (hudaya)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook