Proyek Irigasi Jangan Asal Jadi

nurul roudhoh   |   Pandeglang  |   Selasa, 18 Juni 2019 - 14:07:40 WIB   |  dibaca: 355 kali
Proyek Irigasi Jangan Asal Jadi

DIKELUHKAN : Kualitas proyek P3-TGAI di Kelurahan Babakan Kalanganyar dikeluhkan warga setempat, kemarin.

PANDEGLANG - Komisi III DPRD Kabupaten Pandeglang mendesak Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian (BBWSC3) Provinsi Banten bertanggung jawab menindaklanjuti keluhan warga Kampung Talun, Kelurahan Babakan Kalanganyar, Kecamatan Pandeglang yang mengeluhkan kualitas bangunan proyek irigasi program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3-TGAI). Ketua Komisi III DPRD Pandeglang, Iing Andri Supriadi mengatakan, seharusnya kualitas proyek P3-TGAI menjadi perhatian BBWSC3 Banten.

Mengingat pembangunan irigasi sangat membantu para petani dalam mendapatkan saluran air. "Saya rasa keluhan warga mengenai kualitas pekerjaan itu paling utama yang harus menjadi bahan evaluasi BBWSC3. Apalagi irigasi yang dibangun itu digunakan untuk mempermudah para petani dalam mendapatkan saluran air, jadi pembangunannya harus lebih berkualitas dan tidak asal jadi," tegas Iing ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/6).

Iing menyebutkan, BBWSC3 Banten harus lebih tegas menyikapi kualitas proyek P3-TGAI, karena jika tidak pihaknya menilai akan membuat pelaksana proyek tidak mementingkan kualitas pekerjaannya. "Saya rasa dinas terkait harus tegas menyikapi kualitas bangunan sesuai laporan warga. Kalau misalkan benar proyek irigasi ini tidak diperbaiki secara optimal, segera berikan teguran. Kita tidak ingin bangunan irigasi itu kualitasnya jelek, dan tidak sesuai rencana anggaran biaya," tegasnya.

Iing meminta BBWSC3 Banten untuk lebih intens mengawasi pelaksanaan pembangunan P3-TGAI di Pandeglang. Sebab, proyek tersebut tidak hanya dilaksanakan di Kelurahan Babakan Kalanganyar, namun dilaksanakan di beberapa desa di wilayah Kabupaten Pandeglang. "BBWSC3 harus lebih aktif turun ke lapangan. Meskipun proyek irigasi itu dilaksanakan di Pandeglang, BBWSC3 juga harus turun mengawasinya, jangan mentang-mentang proyek itu ada di Pandeglang kurang pengawasan," ujarnya.

Menurutnya, selain BBWSC3 Banten, Iing meminta DPRD Banten untuk proaktif memaksimalkan kualitas semua proses pembangunan, khususnya di wilayah Pandeglang. Iing pun berjanji akan melakukan pengawasan terhadap semua pelaksanaan pembangunan P3-TGAI sesuai dengan tugasnya. "Ya, tidak hanya BBWSC3 saja, anggota DPRD Banten juga harus lebih intens melakukan pengawasan pekerjaan itu. Jangan sampai pembangunannya dikerjakan kurang maksimal. Kita semua harus memastikan proyek itu sesuai mutu dan kualitas yang diharapkan masyarakat," katanya.

Anggota Komisi III DPRD Pandeglang, Anton Haerul Samsi menyayangkan dengan adanya keluhan warga Kelurahan Babakan Kalanganyar terkait kualitas pembangunan proyek irigasi P3-TGAI. Anton mendesak BBWSC3 Banten untuk segera menindaklanjutinya. "Saya minta pihak terkait dapat mengecek keluhan yang disampaikan warga. Kita harus pastikan pekerjaan proyek itu berkualitas sesuai keinginan masyarakat," tuturnya. (yanadi)

Profil nurul roudhoh

nurul roudhoh

Iklan Tengah Detail Berita 568x120px

Komentar Facebook